Panatrade Caraka Targetkan Pertumbuhan 40%

PT  Panatrade Caraka, perusahaan yang memasarkan produk olahraga merek Specs, menargetkan pertumbuhan pendapatan yang agresif tahun ini, yaitu sekitar 40%. Target itu mengalami kenaikan dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya di atas 50% dari tahun 2010. Hal ini dinyatakan oleh Arif P. Wirawan, Presdir PT Panatrade Caraka di kantornya Jalan Daan Mogot nomor 151, Jakarta Barat, pada Selasa (19/6). Namun sayangnya, ia enggan membagikan besaran nilai pendapatannya.

“Targetnya cukup agresif. Sekitar 40%,” ucapnya. Arif juga mengatakan bahwa dalam 10 tahun terakhir, pihaknya berhasil membukukan pertumbuhan minimal 30% tiap tahunnya. “Dalam 10 tahun terakhir, paling sedikit tumbuh 30% per tahun. Itu dari segi revenue. Bahkan pertumbuhan tahun lalu, 2010-2011, mencapai 50% lebih,” ia mengungkapkan.

Mengenai pertumbuhan yang stabil itu, Arif menjelaskan bahwa hal itu disebabkan fokus dan kosistensi yang dilakukan pihaknya. Ia melihat banyak produk sepatu merk lokal di pasaran. Namun, lanjutnya, jarang dari mereka yang fokus. “Mereka come and go. Jadi, rata-rata manajemen brand sepatu lokal tidak konsisten. Selalu di situ-situ aja. Mungkin hanya beberapa merek saja yang konsisten,” tuturnya.

Untuk menopang pertumbuhan yang agresif itu, pihaknya akan menambah 4 toko Fisik (gerai khusus produk Specs) mereka pada tahun ini sehingga total gerai Fisik menjadi 29 toko. Hingga 2015, menurut Arif, pihaknya akan menargetkan dapat membuka 100 gerai Fisik. Fisik, yang mulai didirikan pada 2010, merupakan toko khusus yang dibuat Specs di pasar modern atau mal untuk menjual produk-produk olahraga Specs dan satu merek sepatu lokal, Pierro, serta produk olahraga merk asing. Diakui Arif, pendirian gerai Fisik ini dilakukan sebagai strategi untuk menyasar kelas menengah atas. Saat ini terdapat 25 gerai Fisik yang terdapat di beberapa kota besar di Indonesia seperti Medan, Pekanbaru, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Ambon, Surabaya, Makassar, Solo, Balikpapan, Pontianak. (EVA)

Tahun lalu, Specs memproduksi 3 juta lebih sepatu. Arif mengatakan sepatu sepakbola berkontribusi sekitar 30% terhadap total pendapatan, sepatu futsal 20%, dan sisanya berasal dari sepatu lari, badminton, serta perlengkapan olahraga (apparel and equipment) lainnya.

 

 

Leave a Reply

1 thought on “Panatrade Caraka Targetkan Pertumbuhan 40%”

distributor sepatu specs d medan di mana ya?gmna cara menghubungi nya?
by fanly, 02 Dec 2012, 11:01

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)