Panen Rejeki Bank BPD Bagikan Hadiah Rp6 Miliar

Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) menggelar program customer rewards yang dikemas dalam paket program Panen Rejeki Bank BPD atau undian nasional tabungan Simpeda dengan total hadiah sebesar Rp6 miliar (diundi 2x setahun) atau Rp3 miliar untuk setiap periodenya, kali ini sebagai tuan rumah adalah Bank Kaltim.

Undian ini setiap periodenya akan diperuntukkan bagi 584 penenang dengan hadiah utama Rp500 juta untuk 1 pemenang, kemudian hadiah kedua masing-masing Rp100 juta untuk 4 pemenang, hadiah ketiga masing-masing Rp50 juta untuk 26 pemenang. Hadiah keempat masing-masing Rp5 juta untuk 26 pemenang, hadiah kelima masing-masing Rp2,5 juta untuk 26 pemenang, hadiah keenam masing-masing Rp2 juta untuk 52 pemenang, hadiah ketujuh masing-masing Rp1,5 juta untuk 104 pemenang, dan hadiah kedelapan masing-masing Rp1 juta untuk 345 pemenang.

Untuk periode kali ini, nasabah Bank Nagari memenangkan hadiah utama Rp500 juta. Untuk 4 pemenang hadiah kedua masing-masing sebesar Rp 100 juta berhasil dimenangkan oleh dua nasabah Bank Jatim, nasabah Bank Kalbar, nasabah Bank Kaltim.

Direktur Utama Bank Nagari, dalam kesempatan ini menerima secara simbolis hadiah utama Panen Rejeki Bank BPD melalui undian nasional Tabungan Simpeda, berharap, kebahagiaan salah satu nasabah Bank Nagari yang berhasil meraih hadiah utama Rp 500 juta ini dapat menjadikan inspirasi bagi nasabah lain untuk terus meningkatkan saldo Tabungan Simpeda di Bank Nagari atau di Bank Pembangunan Daerah seluruh Indonesia.

Penarikan undian Panen Rejeki Bank BPD atau undian nasional tabungan Simpeda yang dilakukan di Bank Kaltim Penarikan undian Panen Rejeki Bank BPD atau undian nasional tabungan Simpeda yang dilakukan di Bank Kaltim

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Jatim, R. Soeroso, mengungkapkan hal yang sama atas keberhasilan dua nasabah Bank Jatim yang berhasil memenangkan hadiah utama masing-masing Rp 100 juta.

Ketua Umum Asbanda yang juga Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi, menjelaskan, sebagai event rutin yang dihelat setiap 6 bulan sekali dengan hadiah yang fantastis diharapkan Tabungan Simpeda ini terus diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, Kresno menyampaikan bahwa tuan rumah Panen Rejeki Bank BPD untuk periode selanjutnya adalah Bank Riaukepri.

Direktur Utama Bank Riaukepri, Irvandi Gustari, mengatakan, pihaknya siap menjadi tuan rumah penarinak Undian Nasional Tabungan Simpeda/Panen Rejeki Bank BPD yang akan diundi sekitar bulan Maret 2016 nanti.

Tabungan Simpeda sebagai produk penghimpunan dana masyarakat, dalam perkembanganya terus mengalami peningkatan. Hal ini tercermin dari jumlah dana yang terhimpun yang terus mengalami peningkatan. Kresno menjelaskan, pertumbuhan jumlah tabungan yang signifikan dapat dilihat dari pencapaian tabungan saat penarikan undian Simpeda periode ke-1 Tahun XXV-2014 di Papua, jumlah penabung sampai dengan akhir Juni 2014 berjumlah 6.944.950 penabung dengan jumlah saldo Simpeda Rp30,44 triliun.

Kemudian, pada penarikan undian Simpeda periode ke-1 Tahun XXVI-2015 di Balikpapan kali ini, jumlah penabung sampai dengan akhir Juni 2015 berjumlah 7.069.345 penabung dengan jumlah saldo Simpeda Rp 32,48 triliun.

Apabila dilihat dari penarikan undian Simpeda di Papua sampai dengan di Balikpapan, dari sisi penabung terjadi peningkatan sebesar 1,79% atau meningkat sebanyak 124.395 penabung, sedangkan saldo Simpeda meningkat 6,70% atau naik sebesar Rp2,04 triliun. Dari data ini menunjukkan bahwa Simpeda cukup menarik dan cukup disukai oleh masyarakat dalam menabung, disamping tentunya hadiah yang lumayan menjanjikan, juga kemudahan dalam bertransaksi dengan adanya jaringan ATM Bersama

“Dapat kami sampaikan di sini, bahwa Bank Kaltim sampai dengan posisi Juni 2015 telah menghimpun tabungan Simpeda sekitar Rp1,91 triliun atau sebesar 5,89% dari tabungan Simpeda nasional. Sementara yang paling banyak menghimpun tabungan 10 tahun terakhir, yaitu Bank Jatim, sampai dengan posisi Juni 2015 tercatat sekitar Rp8,36 triliun atau sebesar 25,75% dari total tabungan Simpeda nasional.

Selain program customer reward yang secara rutin disuguhkan bagi nasaba, BPD juga terus berinovasi. Salah satunya sedang mengembangkan solusi layanan BPD NET yang merupakan layanan payment switching, baik untuk transaksi berbasis kartu maupun transaksi berbasis non-kartu, selain untuk solusi layanan back-end support.

Per Juni 2015, aset BPD telah mencapai Rp547,82 triliun atau meningkat sebesar 18,76% dibandingkan posisi Juni 2014 yang mencapai Rp461,28 triliun atau menempati peringkat 4 dalam perbankan nasional setelah Mandiri, BRI, dan BCA. Kekuatan aset BPD seluruh Indonesia ini menunjukkan bahwa apabila BPD seluruh Indonesia bersinergi akan menjadi potensi kekuatan yang solid dalam kancah persaingan industri perbankan nasional serta dapat memberikan kontribusi yang lebih optimal bagi perekonomian nasional, khususnya di daerah.

Sesuai dengan data statistik perbankan Indonesia, kinerja kredit BPD juga menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. Pada Juni 2015, posisi kredit BPD mencapai Rp302,98 triliun atau meningkat sebesar 9,20% dibandingkan posisi Juni 2014 sebesar Rp277,46 triliun. Sementara posisi Dana Pihak Ketiga (DPK) BPD seluruh Indonesia pada Juni 2015 mencapai Rp360,88 triliun, atau mengalami penurunan sedikit sebesar 2,47% dibanding posisi Juni 2014 yang mencapai sebesar Rp370,03 triliun. Kondisi ini disebabkan karena kondisi ekonomi nasional kita yang saat ini sedang mengalami kondisi sulit.

“Dengan prestasi dan pertumbuhan kinerja BPD secara nasional maupun lokal saat ini, BPD BPD-SI optimis mampu menjadi garda terdepan pembangunan ekonomi daerah untuk mendukung suksesnya ragam program Pemerintah menciptakan lapangan kerja sehingga dapat menigkatkan taraf hidup masyarakat daerah yang secara kolektif akan menurunkan tingkat kemiskinan secara nasional serta meningkatkan kesejahteraaan bangsa, dan bersama-sama menjadikan BPD ke depan mampu berkiprah lebih maksimal dan mampu menjadi raja di daerahnya sendiri sehingga mampu memenuhi seluruh harapan stakeholders,” jelas Ketua Umum Asbanda. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)