Marketing Strategy

Pangsa Pasar Mobil Honda Naik 16,1%

Pangsa Pasar Mobil Honda Naik 16,1%

Meskipun industri otomotif mengalami penurunan sebsar 16%, Honda mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 109,4%. Total penjualan ini menjadi rekor tahunan tertinggi yang pernah dicapai oleh Honda di Indonesia. Selain peningkatan penjualan, pangsa pasar Honda pun naik dari 12,7% menjadi 16,1%. pangsa pasar yang dicapai oleh Honda ini merupakan yang tertinggi di antara seluruh negara lain di kawasan Oceania.

IMG_4924

Secara umum, penjualan ritel otomotif di Indonesia turun 13%, namun penjualan Honda di naik 9% dan berhasil menjual 166.258 unit. Sebanyak 159.253 unit mobil Honda terjual di pasar wholesale dan mengalami kenaikan 1%.

Honda Mobilio menyumbangkan kontribusi tertinggi sebesar 29%. Produk ini berkontribusi 48.927 unit dengan market share 18% di segmen LMPV. Hingga akhir Desember 2015 Honda Mobilio menempati posisi kedua di segmennya.

Honda HR-V berhasil mencatat angka penjualan yang baik sepanjang tahun 2015 lalu dengan total penjualan 36.425 unit di seluruh Indonesia. Honda HR-V 1.5L menyumbang penjualan sebesar 28.897 unit dan berhasil memimpin pasar segmen LSUV dengan market share sebesar 39% di kelasnya. Sementara Honda HR-V 1.8L meraih total penjualan 7.528 unit dan memperoleh pangsa pasar 14% di segmen SUV.

Produk dengan penjualan tertinggi berikutnya diraih oleh Honda Brio Satya dengan total penjualan 31.672 unit di seluruh Indonesia dan meraih pangsa pasar 19% di segmen LCGC.

Penjualan Honda Brio Satya meningkat 23% dibanding dengan total penjualan tahun 2014. Sementara di segmen City Car, New Honda Brio menyumbangkan penjualan sebesar 11.754 unit sepanjang tahun 2015 lalu. New Honda Brio meraih pangsa pasar 33% dan sekaligus menjadi market leader di segmen city car.

Honda Jazz juga menunjukkan penjualan yang konsisten hingga menjadi market leader di segmen Hatchback. Di sepanjang tahun 2015, Honda Jazz mencatat angka penjualan sebesar 19.005 unit dan memperoleh pangsa pasar sebesar 40% di kelasnya.

Sementara itu, produk-produk Honda lainnya turut berkontribusi positif terhadap penjualan Honda di sepanjang tahun 2015 yang lalu. Honda CR-V terjual 10.463 unit dengan pangsa pasar sebesar 19% di segmen SUV, Honda Freed terjual sebanyak 4.319 unit dengan pangsa pasar 7% di segmen MPV, dan Honda Odyssey terjual sebanyak 340 unit dengan pangsa pasar 4% di segmen Upper MPV.

Dari kelas sedan juga menyumbang penjualan yang konsisten sepanjang tahun 2015, Honda City terjual sebanyak 1.865 unit sehingga memimpin pasar segmen Mini Sedan dengan pangsa pasar 54%. Honda Civic meraih total penjualan 842 unit dengan pangsa pasar 40% di segmen small sedan,

Honda Accord terjual sebanyak 510 unit dengan pangsa pasar 12% di segmen Medium Sedan, dan Honda CR-Z masih menjadi market leader di segmen Sport Sedan terjual sebanyak 136 unit dengan pangsa pasar mencapai 47%. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved