Pasar AC Panasonic Menguat 18%

Hasil kinerja kuartal kedua 2014 (April – Juni) PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic) mengalami peningkatan tipis untuk total penjualan sebesar 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kontributor penjualan terbesar adalah AC, yang mengalami peningkatan sebesar 18% dan memberikan kontribusi terhadap keseluruhan pencapaian perusahaan hingga 39%. Kini, product AC Panasonic memiliki market share sebesar 25%.

Panasonic Kuartal Pertama 2014

Peningkatan penjualan Panasonic juga dialami pada produk lainnya. Pada system solutions product mengalami peningkatan sebesar 20%, untuk LED TV sebesar 74%, LED lighting mengalami peningkatan tiga kali, dan untuk beauty product meningkat sebesar 44%. Memasuki peng
ujung semester pertama, Panasonic menargetkan pertumbuhan di atas 10%.

“Sebagai salah satu pasar penting bagi Panasonic, kami berupaya konsisten mempertahankan posisi strategis di Indonesia dengan melakukan berbagai inovasi dan upaya bisnis terbaik sesuai dengan kondisi dan selera pasar lokal. Pencapaian yang baik pada kuartal pertama tahun fiskal 2014 ini menjadikan Indonesia masuk ke daftar negara 3 besar denagn penjualan terbaik se-Asia Pasifik bersama dengan Malaysia,” ucap Hiroyoshi Suga, Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia.

Peningkatan ini merupakan buah hasil dari strategi yang diterapkan Panasonic untuk tahun fiskal 2014. Panasonic menerapkan tiga strategi yaitu market orientde product, memperluas lini produk B2b, dan value-added products. Market oriented merupakan salah satu startegi utama yang dilaksanalan oleh Panasonic dengan mengembangkan rangkaian produk yang berorientasi pada pasar lokal di Indonesia. Melalui strategi ini, Panasonic berupaya untuk menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang mendambakan produk berkualitas, multifungsi, tahan lama, dengan desain menarik dan harga terjangkau. Lewat produk ini, masyarakat Indonesia yang memiliki keterbatasan pasokan listrik, tetap dapat memiliki produk berupa kulkas Alowa 2 tabung, LED TV 24 dan 32 inch, dan home theater system XH333 dan BTT 433. Produk-produk tersebut hanya tersedia di Indonesia.

Panasonic juga memperluas lini produk B2B, selain pada produk komersial, Panasonic juga fokus kepada produk B2b yang ditargetkan kepada gedung, perkantoran, pemerintahan, sekolah, perbankan, perhotelan, dan perumahan. Produk B2B Panasonic ini mencakup scanner, pbx, security system solutions, dll. Produk andalan dalam kategori B2B ini adalah teknologi CCTV yang terintegrasi dan teknologi keamanan yang tinggi. CCTV ini dilengkapi dengan facial detection, motion detection, dan presumption gender & age. Strategi B2B ini memberikan kontribusi 4-5% pada seluruh pencapaian Panasonic.

Strategi value-added products menawarkan produk yang telah ter-upgrade dan ditagertkan untuk pasar kelas atas, seperti produk Econavi (AC, mesin cuci, dan kulkas), TV Viera dengan inchi besar hingga 85 inchi dan Panasonic Beauty.

Tahun ini Panasonic mengembangkan produk-produk dalam kategori ini, mencakup Panasonic dengan model otomatis terbaru; Panasonic cooking; serta kipas angin dengan pencapaian udara menjangkau hingga 100 meter. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)