PATA Siap Mengembangkan Pariwisata Indonesia Melalui City Branding

Untuk menajamkan positioning, Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia dan didukung oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, bersama dengan Tanjung Lesung Resort (PT Jababeka Tbk) melakukan City Branding dengan seminar yang akan dilaksanakan pada 11 Mei 2015.

IMG_20150505_145211

"City Branding merupakan suatu strategi yang dilakukan negara atau daerah untuk membuat positioning yang kuat dalam target pasar mereka," ujar Presiden dan CEO PATA Indonesia Chapter, Purnomo Siswoprasetijo.

Melalui seminar ini, PATA Indonesia Chapter bersama dengan pihak terkait bersiap untuk mengembangkan pariwisata di daerah dalam upaya mewujudkan visi 2020 yang telah ditetapkan, yaitu menarik 20 juta pengunjung ke Indonesia yang akan memperbaiki nasib bangsa dengan peningkatan pendapatan pariwisata nasional. Setelah itu, City Branding juga akan membahas perkembangan dunia pariwisata Indonesia, khususnya melalui penerapan strategi City Branding di berbagai destinasi pariwisata Indonesia.

Purnomo melanjutkan, layaknya positioning produk atau jasa, City Branding juga dapat memperkenalkan secara luas daerah-daerah di Indonesia kepada dunia. Karena menurutnya, di dalam dunia bisnis, brand atau merek sangat sangat menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Oleh karena itu, banyak perusahaan mengalokasikan anggaran yang sangat besar untuk dapat mempromosikan brand mereka kepada masyarakat luas.

Lalu, di sektor publik, dengan penerapan otonomi daerah dan semakin nyata serta meluasnya trend globalisasi saat ini, daerah juga harus saling berebut perhatian, pengaruh, pasar, tujuan bisnis dan investasi, wisatawan, tempat tinggal penduduk, orang-orang bertalenta, serta pelaksanaan kegiatan demi mewujudkan brand equity mereka.

Untuk itu, perlu adanya brand yang kuat. Secara definisi, City Brand adalah identitas, simbol, logo, atau merek yang melekat pada suatu daerah. Pemerintah daerah juga harus membangun brand untuk daerahnya, dan tentunya harus sesuai dengan potensi maupun positioning yang menjadi target dari daerah tersebut. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)