Pelindo 1 Sambut Kapal Pesiar MS Caledonian Sky

kapal-pesiar-bersandar-di-belawan-121016-im-1

Pelindo 1 kembali menerima kunjungan kapal pesiar di tahun 2016 ini. Kapal pesiar berbendera Bahamas, MS Caledonian Sky bersandar di Terminal Penumpang Bandar Deli pada hari ini (13/10). Kapal pesiar ini merupakan yang kedua bersandar di Pelabuhan Belawan pada 2016, setelah sebelumnya pada 27 Februari 2016, Pelabuhan Belawan menerima kunjungan Kapal Pesiar MS Hamburg.

Kapal pesiar MS. Caledonian Sky yang di nakhodai oleh Michael Taylor ini membawa sebanyak 92 wisatawan mancanegara (wisman) yang berkebangsaan Eropa, serta kru sebanyak 72 orang, bersandar di Pelabuhan Belawan pada pukul 16.30 WIB. Para wisatawan ini berencana melakukan kunjungan wisata ke Parapat dan Bukit Lawang.

Rafika Aulia, Pelaksana Harian ACS Humas Pelindo 1, mengatakan, dalam menerima penumpang baik lokal maupun mancanegara, Pelindo 1 sudah menyediakan fasilitas terminal penumpang yang nyaman, karena hal tersebut merupakan bagian wujud dari komitmen Pelindo 1 dalam melayani pengguna jasa pelabuhan dan mendukung pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia, khususnya mendukung Danau Toba sebagai Geo Park Dunia, di mana Belawan menjadi salah satu pintu masuk menuju Sumatera Utara yang kaya akan pariwisata.

“Ini adalah bagian dari program rutin kami menerima kunjungan kapal pesiar. Hal ini juga sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah untuk mendukung cruise berkembang di Indonesia sebagai negara maritim. Apalagi Pelabuhan Belawan termasuk salah satu dari 5 pelabuhan utama di Indonesia yang bisa disinggahi kapal pesiar selain di Tanjung Priok, Tanjung Perak, Benoa, dan Makassar,” tambah Rafika. Selanjutnya kapal tersebut akan berangkat meninggalkan Terminal Penumpang Bandar Deli pada pukul 8 malam WIB, menuju pelabuhan di Provinsi Aceh.

BUMN yang berkantor pusat di Medan ini, memiliki 4 wilayah operasi, meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/perwakilan dan mengelola 2 unit usaha yaitu, UGK (Unit Usaha Galangan Kapal), RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan) serta 5 anak perusahaan yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL) dan PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)