Marketing Trends zkumparan

Pemasaran Digital Meta Bantu Perkenalkan ke Pasar Internasional

Pemasaran Digital Meta Bantu Perkenalkan ke Pasar Internasional
Ilustrasi pelaku usaha. (dok. Meta)

Hampir dua miliar penduduk dunia merayakan Ramadan dengan berpuasa setiap hari dan bersilaturahmi dengan teman dan keluarga. Momen ini membawa perubahan perilaku dan sikap, serta perubahan dalam segala aspek kehidupan.

Perubahan dalam kebiasaan harian membuat pembeli lebih terbuka dari biasanya untuk menemukan produk baru. Berdasarkan studi yang dilakukan Meta menunjukkan bahwa 69% pembeli pada waktu Ramadan “tertarik mencoba produk baru dari luar negeri” dan hampir 1 dari 2 pembeli pada waktu Ramadan di seluruh dunia (47%) melakukan sedikitnya satu pembelian lintas negara.

Pembeli pada waktu Ramadan dan yang merayakannya melakukan pembelian lintas negara lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka membeli berbagai kategori produk dari luar negeri, terutama mode, elektronik, produk kesehatan dan kecantikan, makanan dan minuman, serta barang desainer.

“Saat ini, pelaku bisnis menggunakan teknologi untuk mendukung pengalaman pelanggan yang mendorong penemuan produk lintas negara dengan cara yang dipersonalisasi dan menarik. Selama lebih dari 14 tahun, Meta sudah mengembangkan produk dan solusi untuk membantu pelaku bisnis melakukan marketing yang dipersonalisasi di seluruh perjalanan pelanggan. Produk dan solusi ini membantu pelaku bisnis menjangkau pemirsa baru, menjalin relasi yang erat, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang bebas hambatan,” ujar Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia.

Orang melakukan pembelian lintas negara karena berbagai alasan. Mereka mungkin berbelanja lintas negara untuk menemukan produk yang lebih berkualitas, lebih ekonomis, atau tidak tersedia di dalam negeri. Selain itu, sekitar 1/3 orang juga membeli dari peritel luar negeri dengan harapan akan menemukan produk baru yang menarik selama Ramadan.

Dengan solusi Worldwide and Regional Targeting dari Meta, pelaku bisnis bisa menjangkau pelanggan di pasar internasional melalui iklan yang sesuai dengan lokasi dan tipe konsumen yang di negara yang ingin mereka jangkau.

“Pembuatan konten yang relevan bagi pelanggan juga membantu untuk menjalin hubungan yang bermakna dan bisa membuat pelanggan merasa lebih nyaman untuk beralih dari iklan menuju pembelian,” sambung Pieter.

Misalnya, 67% pembeli pada bulan Ramadan mengatakan bahwa penting bagi mereka untuk melihat konten dalam bahasa lokal ketika membeli barang dari luar negeri.

Sementara solusi Dynamic Language Optimisation dari Meta bisa membantu pelaku bisnis menjalankan sebuah iklan dalam maksimum 49 bahasa. Sehingga iklan dapat tayang dalam bahasa yang tepat kepada orang yang tepat. Pelaku usaha bisa memasukkan terjemahan secara manual atau mengandalkan fitur otomatis yang menyarankan terjemahan.

“Namun, pelokalan lebih dari sekadar penerjemahan; pelokalan mengandalkan pemahaman mendalam tentang calon basis pelanggan. Bisnis yang sukses menggabungkan pendekatan materi iklan dan media untuk menayangkan iklan yang relevan bagi berbagai kelompok pelanggan,” jelas Pieter.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved