Marketing Technology Strategy

Pengusaha Harus Lebih Serius Menggarap e-Marketing

Pengusaha Harus Lebih Serius Menggarap e-Marketing

Masuknya era digital menuntut semua kalangan menjadi lebih inovatif dan terbuka untuk technologi. Internet saat ini sudah bukan lagi barang langka dan sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Dengan penambahan huruf E yang merupakan kependekan dari elektronik, menjadikan sebuah sistem menjadi lebih baru. Saat ini di beberapa sektor sudah menggunakannya, seperti e-government, e-KTP, e-business, e-commerce dan sebagainya.

Di dunia pemasaran pun tidak mau ketinggalan. Saat ini pemasaran sebuah produk juga sudah memanfaatkan sistem ini yang biasa di sebut dengan eMark atau eMarketing. Hal ini memang cukup memberikan manfaat bagi para pengusaha untuk memperkenalkan produk mereka ke masyarakat, hanya saja hal ini belum secara penuh dapat di manfaatkan oleh masyarakat.

20150827_105140_500x281

Menurut Adhi Trisnanto, seorang Konsultan dan Trainer Bisnis Uninet, salah satu juri Indonesia eMark Award 2015, eMarketing akan menjadi penting tergantung dari konstumer sebuah industrl. Jika industri tersebut memiliki konsumen kalangan anak muda atau gen Y, hal ini akan sangat penting untuk peningkatan bisnis mereka. Namun sebaliknya jika memang konsumen mereka bukanlah kalangan pengguna internet ataui smartphone, maka hal ini menjadi pelengkap dalam sebuah bisnis.

“Kalau menurut saya, perusahaan harus membuat sebuah bagian atau divisi tersendiri untuk mengelola eMark ini. Karena sampai saat ini masih banyak perusahaan yang beranggapan kalau eMark ini adalah bagian dari IT division. Menurut saya hal itu tidak benar, sebaiknya para pengusaha saat ini lebih memperhatikan hal ini dan membuat suatu divisi khusus yang mengangani eMark ini,” lanjut Adhi.

Saat ini para pengusaha memang semakin banyak memanfaatkan sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya. Hanya saja, sampai saat ini mereka masih belum menunjukkan pengaruh bisnis terhadap perusahaannya. Kebanyakan dari mereka masih mementingkan jumlah kunjungan ke web tersebut dibandingkan dengan keuntungan bagi perusahaan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved