BFTF Padukan Teknologi, Musik dan Kuliner

Lucky Gani (tengah), Business Group Head, Windows Division Microsoft Indonesia. Lucky Gani (tengah), Business Group Head, Windows Division Microsoft Indonesia.

Jumat sore Bandung dihiasi dengan belasan mobil unik yang parkir di halaman Kawasan Graha Mekar Wangi (27/2). Sebuah pemandangan indah tertata rapi di sana, puluhan pemuda-pemudi menyajikan beragam menu hidangan dari dalam mobil yang diparkirkan bersamaan dengan pembukaan acara Bandung Food Truck Festival (BFTF). Sebuah acara bisnis kuliner perdana di Indonesia yang menggabungkan antara teknologi dan musik dalam satu event yang sama.

Acara yang digelar oleh komunitas food truck di Bandung ini merupakan kolaborasi antara Microsoft dengan Phire Studio, sebuah pengembang aplikasi yang mengeluarkan aplikasi EvolvePOS untuk UKM. Selama acara sejak 27 Februari-1 Maret 2015, peserta food truck dapat menikmati keunggulan dan kemudahan aplikasi EvolvePOS yang sangat membantu mereka dalam proses transaksi bisnis dengan harga yang sangat terjangkau.

Teknologi sistem manajemen cash modern berbasis Windows 8.1 ini, menggabungkan berbagai kelebihan mesin cash register (kasir) regular dengan sistem POS (Point of Sales) yang didukung oleh teknologi Microsoft Azzure dengan lauanan bussiness intelligent yang memungkinkan proses pengolahan data transaksi jual-beli secara cepat, akurat dan mudah. Tidak hanya itu, seluruh data yang masuk akan otomatis tersimpan dalam cloud, sehingga keamanan data bisnis terjamin aman dan dapat meminimalisir kehilangan data akibat kesalahan sistem atau perangkat.

“Sebagai main sponsor dalam event ini, merupakan bagian dari komitmen Microsoft untuk membantu UKM di Indonesia agar semakin maju dan produktif dalam mengadobsdi teknologi cloud. Dengan menerapkan aplikasi EvolvePOS ini, UKM kuliner diharapkan dapat meminimalisir belanja modal, biaya operasional dapat lebih efisien dan dapat meningkatkan pendapatan bisnis mereka,” ujar Lucky Gani, Business Group Head, Windows Division Microsoft Indonesia.

Henke Yunkins, Business Development Manager Phire Studio menjelaskan, tidak hanya pelaku bisnis kuliner yang dapat memanfaatkan EvolvePOS ini. Berbagai bisnis seperti fashion dan pernak-pernik juga dapat memanfaatkan teknologi ini. Karena teknologi bagi Henke adalah milik semua orang, jadi sudah saatnya pelaku UKM memanfaatkan teknologi dalam bisnis tidak hanya kalangan high class saja.

“Di tengah perkembangan bisnis food truck, kehadiran EvolvePOS sangat membantu. Seperti halnya food truck yang dapat mobile ke mana saja, teknologi EvolvePOS pun mudah dibawa ke mana saja dan harganya sangat-sangat terjangkau,” tambah Henke.

Lebih detail, Hende menjelaskan untuk mendapatkan mesin kasir dengan softwarenya, biasanya harus mengeluarkan dana sebesar Rp 20 juta. Dengan kehadiran EvolvePOS ini, biaya yang dikeluarkan hanya Rp 3 juta include tablet berbasis Windows 8.1.

Nomad Truck, salah satu Food Truck dengan kreasi mobil bekas yang meramaikan BFTF Nomad Truck, salah satu Food Truck dengan kreasi mobil bekas yang meramaikan BFTF

Selama acara pengunjung yang hadir dapat menikmati hidangan di BFTF sambil mendengarkan live musik, kontes food photography, demo masak hingga workshop. Para pengunjung juga berharap agar event menarik seperti BFTF ini dapat terus diagendakan setiap tahunnya, tidak hanya di Bandung tapi juga di berbagai kota di seluruh Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)