Pergizi – Nestle Edukasi Pentingnya Sarapan Gandum Murni

Sejak tahun 2009, Nestle Breakfast Cereal (NBC) semakin serius menggarap pasar Indonesia. Strateginya, mereka mengampanyekan pentingnya sarapan sehat. Setelah membidik ibu dan anak-anak menengah atas, tahun ini giliran ahli gizi dan pangan yang mereka rangkul dalam kampanye tersebut.

Bekerja sama dengan Pergizi, NBC mengedukasi masyarakat akan pentingnya sarapan sehat dengan manfaat gandum murni atau utuh. Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof Dr. Ir. H. Hardinsyah MS, memaparkan bahwa hasil analisis Riset Kesehatan Dasar 2010 menunjukkan 26,1% anak hanya sarapan dengan air minum. Dari 35.000 anak usia sekolah dasar yang diteliti, sebanyak 44,6% anak yang sarapan bahkan masih memperoleh asupan energi tak lebih dari 15% kebutuhannya. Padahal semestinya mereka sudah bisa memperoleh 15% hingga 25% kebutuhan energi dari sarapan pagi.

Pakar gizi dari Australia, Nilani Sritharan, BSc RNutr pun mengungkapkan, manfaat whole grain (sereal utuh) belum banyak diperoleh anak-anak. Ia juga meluruskan persepsi masyarakat tentang sereal sarapan yang memiliki kadar gula tinggi.

Oleh karena itu ahli gizi seluruh dunia menyarankan konsumsi biji-bijian atau gandum utuh setidaknya 48 gram atau setara dengan 3 porsi sehari,” tutur wanita kelahiran Srilanka tersebut. Setelah sereal digiling dan dipisahkan dari dedak atau kulit pelindung luar untuk menjadi tepung, banyak manfaat sereal utuh yang hilang. Di antaranya adalah serat, vitamin B, trace mineral, dan fitokimia. Selain itu terdapat beberapa zat gizi yang tidak dapat diperoleh dari tepung sereal seperti serat, zat besi, fitokimia, dan anti oksidan.

Melihat fakta tersebut, maka tahun ini NCB menggunakan manfaat sereal utuh di semua produknya. “Tahun ini semua produk Nestle Cereal Breakfast mengandung sereal utuh,” tutur Jose Oscar You, Country Business Manager Nestle Breakfast Cereal.

Saat ini NBC menghadirkan 9 brand di Indonesia yaitu Koko Krunch, Koko Krunch Duo, Milo Balls, Cookie Crisp, Honey Stars, Fitnesse, Fitnesse and Fruits, Corn Flakes, dan Honey Gold. Kesembilan brand tersebut diusung dalam simposium bertajuk “Start Your Day with Nutritious Whole Grain Breakfast” (Awali Hari Anda dengan Sarapan Sereal Utuh yang Bergizi) pada Sabtu 16 Juni 2012. Dihadiri 200 ahli gizi dan pangan, Nestle juga meluncurkan 5000 booklet yang berisi informasi tentang sarapan sehat dan manfaat sereal utuh. Rencananya, booklet tersebut akan dibagikan kepada 5000 ahli gizi dan pangan seluruh Indonesia melalui keanggotaan Pergizi Pangan.

Kami juga mengadakan beberapa kompetisi untuk meningkatkan awareness masyarakat pentingnya sarapan sehat,” ujar Jose. Menyasar ahli gizi dan pangan, mahasiswa gizi dan pangan, serta dokter, Nestle Breakfast Cereal menyelenggarakan Lomba Cipta Pesan Sarapan Sehat. Dengan iming-iming hadiah Rp 5 juta, mereka ditantang untuk membuat slogan yang berisi ajakan bagi anak agar memulai hari dengna sarapan sehat sekaligus ajakan bagi ibu agar memberikan anaknya sarapan sehat.

Selain itu, NBC juga menyiapkan dana hibah kampanye sarapan sehat. “Untuk pemenang pertama akan memperoleh hadiah uang tunai Rp 10 juta dan dana hibah pelaksanaan kegiatan Rp 50 juta,” kata Jose. Pria asal Filipina tersebut menambahkan, “Pemenang kedua akan memperoleh hadiah Rp 8 juta dan dana hibah Rp 30 juta, sedangkan pemenang ketiga mendapat uang tunai Rp 5 juta serta dana hibah Rp 15 juta.”

NBC juga tengah merencanakan Hari Sarapan Nasional. Untuk itu mereka mengundang ahli gizi, ahli pangan, mahasiswa gizi, mahasiswa pangan, dokter, dan organisasi terkait untuk menyusun naskah akademik perlunya Hari Sarapan Nasional. Dari naskah yang masuk, mereka akan membentuk tim perumus dan naskah akademik perlunya Hari Sarapan Nasional untuk disampaikan kepada pihak yang berwenang. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)