Perkuat Pasar, Casio Jalankan 5 Strategi Bisnis

Menjamurnya jam tangan merek Cina di Indonesia tidak membuat nyali PT Kasindo Graha Kencana (KGK) ciut untuk berkompetisi. Agen tunggal pemegang merek Casio tersebut semakin optimistis bisa memperbesar pangsa pasarnya dengan menjalankan lima strategi bisnis.

Pertama, mengeluarkan produk yang inovatif setiap bulan. Muliadi Toh, Direktur Pemasaran KGK, mengklaim, pihaknya menguasai 19,3% pasar jam tangan di Indonesia versi Majalah Marketeers. Sementara bisnisnya tumbuh 2-8% setiap tahun.

Kuatnya posisi Casio menurut Mul disebabkan karena banyaknya varian jam tangan yang ditawarkan. "Kami selalu memberikan masukan kepada kantor pusat agar Casio yang dipasarkan di Indonesia bisa disesuaikan dengan karakter orang kita. Mulai dari desain, fungsi, hingga faktor kenyamanan," ujarnya.

Kedua, membangun 13 outlet yang tersebar di Jakarta dan Surabaya. Selain outlet, perusahaan juga bekerja sama dengan diler jam tangan diseluruh Indonesia. Penjualan terbanyak masih didominasi di Jakarta dan Surabaya. Pembeli Casio berusia 17-32 tahun.

Strategi selanjutnya adalah menunjuk Sherina Munaf sebagai brand ambassador. Dipilihnya mantan penyanyi cilik tersebut dikarenakan kesesuaian karakter dengan produk yang dinamis,sporty, dan elegan.

Keempat, gencar melakukan komunikasi dan promosi ke media massa, media non periodik, dan website. Mul mengatakan, pihaknya selalu melibatkan media sebagai salah satu alat untuk menyebarkan informasi produk. "Sebelum produk hadir di toko, kami perkenalkan lebih dulu ke rekan media. Media eksplosur akan berpengaruh pada penjualan karena orang bisa mengenal dan tidak susah mencari informasi, " Mul menambahkan.

Contohnya, peluncuran produk terbaru Baby-G berteknologi resistant dan tough solar. KGK juga memperkenalkan Sheen yang berkonsep elegan.

Terakhir, membentuk komunitas Casio, Baby-G dan Sheen. Strategi tersebut sudah dijalankan melalui Facebook dan Twitter. Dari komunitas tersebut, Mul berharap bisa mempertahankan pelanggan loyalnya. "Kami tak gentar menghadapi merek China atau merek lokal yang tidak branded. Nama Casio sudah sangat familiar dan dinilai baik oleh konsumen kami,"pungkas Mul dengan penuh optimis. (Ario Fajar/EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Perkuat Pasar, Casio Jalankan 5 Strategi Bisnis”

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)