Permata Bank Gaet Nasabah Melalui Hubungan Emosional Keluarga | SWA.co.id

Permata Bank Gaet Nasabah Melalui Hubungan Emosional Keluarga

Permata Bank memperkokoh posisinya sebagai bank untuk keluarga melalui penajaman tema komunikasi terkininya yakni “Jutaan Keluarga Satu Bank”. Bank milik Astra Grup dan Standard Chartered ini menargetkan seluruh anggota keluarga di Indonesia yang berjumlah 53 juta, mulai dari balita, remaja, orang tua, dan manusia lanjut usia menjadi nasabahnya.

"Kami tidak mengharapkan jumlah simpanan yang besar dari masyarakat Indonesia, yang kami sasar adalah semua anggota dalam satu keluarga mempunyai rekening di bank ini," kata Direktur Retail Banking Permata Bank, Lauren Sulistiawati di Jakarta.

Dari sekitar dua juta nasabah di Bank Permata, 25% di antaranya adalah nasabah yang seluruh anggotanya terdaftar. Nasabah dari kelompok konsumen mencapai 2/3 dari keseluruhan, sedangkan 1/3 nya berasal dari korporat.

Beragam inovasi produk, layanan, program dan jaringan cabang bank ini berupaya mencerminkan nasabah dan keluarganya. Disisi produk, Permata Bank memiliki beragam produk tabungan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga mapan. PermataBintang dan PermataTabungan iB Bintang disediakan untuk nasabah anak-anak, sedangkan PermataMe! dan PermataMe! iB fokus ditujukan untuk kalangan yang eksis, aktif dan dinamis di usia remaja.

Bagi nasabah dewasa disediakan PermataTabungan Bebas & PermataTabungan iB dan PermataOptima dan PermataTabungan iB Optima ditujukan bagi nasabah mapan yang memilik horizon investasi. Tidak hanya itu, Permata Bank bahkan menyediakan tabungan bagi karyawan malalui PermataPayroll & PermataPayroll iB.

Sedangkan di sisi pinjaman, Permata Bank memiliki PermataKPR Keluarga. Mengingat produk inovatif ini merupakan KPR pertama di Indonesia yang menghubungkan rekening simpanan nasabah dan keluarganya dengan fasilitas KPR, Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat PermataKPR Keluarga sebagai prestasi tersendiri.

Jaringan cabang juga menjadi salah satu aspek penting yang menjadi perhatian Permata Bank. Tampilannya disemarakkan oleh beragam visual yang mencerminkan kehangatan layanan bagi nasabah dan anggota keluarga. Beberapa cabang bahkan memiliki arena bermain anak (kids corner). Beberapa cabang di area perumahan, pusat perbelanjaan dan niaga bahkan memberikan layanan perbankan akhir pekan (week-end banking).

Hubungan antara Permata Bank dengan nasabah tidak lagi hanya sebatas hubungan transaksional belaka, namun lebih dari itu kami menginginkan hubungan yang lebih emosional. Oleh karena itu dengan menempatkan nasabah dan keluarganya di dalam pikiran, hati dan pusat kegiatan kami, kami berharap berbagai produk, layanan dan program yang kami berikan dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan keluarganya,” jelas Lauren.

Dengan strategi ini, Lauren mengatakan Permata Bank menargetkan pertumbuhan nasabah mencapai 50% setiap tahunnya. Dari segi komposisi, dana murah (tabungan dan giro yang umumnya berasal dari anggota keluarga dan bukan korporat) di Bank Permata baru mencapai sekitar 30-35%.

"Kami berharap pada akhir tahun nanti, komposisi dana murah akan menjadi sekitar 45%, untuk mencapai angka ini, Bank Permata menargetkan tambahan tabungan dan giro sebesar Rp 1 triliun perbulan," kata Lauren. (EVA)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)