PermataBank Tingkatkan Interaksi Keluarga Melalui 'My Football, My Family'

Dengan menjadi satu-satunya Mitra Bank Resmi di Indonesia bekerja sama dengan Visa di ajang '2014 FIFA World Cup Brazil', PermataBank meluncurkan rangkaian program menarik. Seperti apa kemeriahannya?

Impian Budi Pratama untuk menyaksikan Piala Dunia 2014 ke Brazil tidak terbendung. “Ngebet banget pengen nonton langsung ke Brazil. Untunglah saya menjadi nasabah PermataBank yang memiliki program Family Tour to Brazil untuk dua nasabah beruntung  bersama keluarganya.  Jadi, ada peluang. Kalau nggak dapat Brazil, masih bisa ikut undian tabungan PermataFamillionaire berhadiah Rp 10 miliar,” ujar eksekutif muda dari sebuah perusahaan otomotif di Jakarta ini dengan nada penuh harap. Mimpi Budi adalah impian jutaan orang lain juga.

Ya, semua mata tertuju kepada Piala Dunia 2014. Tidak terkecuali jutaan keluarga di Indonesia mencurahkan perhatian ke acara pesta sepak bola dunia yang digelar tiap empat tahun sekali itu. Kehadiran Piala Dunia 2014 ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh lapisan masyarakat karena olah raga ini digemari  tanpa mengenal status sosial. Lewat sepak bola, komunikasi dan interaksi dengan anggota keluarga makin harmonis, hubungan bisnis makin manis, hubungan antar teman kian akrab, hubungan antar nasabah pun semakin hangat.

(kiri) Bianto Surodjo, Direktur Retail PermataBank dan pemain bola (kiri) Bianto Surodjo, Direktur Retail PermataBank dan pemain bola

Berangkat dari tujuan harmonisasi hubungan bank dengan nasabah dan keluarganya, PermataBank pun tidak melewatkan begitu saja momen perhelatan Piala Dunia 2014. Bank yang memiliki positioning Bank untuk Anda dan Keluarga’ dengan kampanye tematiknya  'Jutaan keluarga. Satu Bank' itu pun mengumumkan jalinan kerja sama dengan Visa sebagai satu-satunya bank di Indonesia yang mendapatkan lisensi penuh sebagai 'Mitra Bank Resmi' di Indonesia dalam naungan kerja sama  dengan Visa untuk menjalankan pemasarn dan promosi terkait '2014 FIFA World Cup Brazil'.

Semangat PermataBank dalam merayakan sepak bola diberi tema 'My Football, My Family' untuk meningkatkan kualitas interaksi antara nasabah PermataBank dengan keluarganya dalam melakukan transaksi perbankan. “Piala Dunia adalah ajang yang menyatukan keluarga karena sepak bola merupakan olahraga rakyat di seluruh dunia. Maka dari itu kami meluncurkan tagline My Football, My Family," ujar  Bianto Surodjo, Direktur Retail PermataBank. Dengan resminya peluncuran kampanye ini, maka ke depan semua kegiatan marketing dan corporate social responsibilty (CSR) PermataBank dikaitkan dengan Piala Dunia 2014.

Pentingnya peran keluarga juga dirasakan pemain sepak bola Isnan Ali yang hadir saat peluncuran kampanye ‘My Football, My Family. "Keluarga sangat penting dalam mendukung perjalanan karier sepak bola saya. Mereka selalu mendukung di setiap keadaan baik susah maupun senang," ujar atlit berdarah Makassar yang ramah ini.

PermataBank-LOmba2 Bianto Surodjo, Direktur Retail PermataBank

Bagi PermataBank, dukungan terhadap dunia sepak bola bukan kali ini saja. Tengoklah sebelumnya PermataBank pernah berpartisipasi dalam acara-acara sepak bola di Indonesia, antara lain menjadi mitra bagi kehadiran Ian Rush, legenda sepakbola Liverpool, di tahun 2010 dan Tim LA Galaxy seperti David Beckham, Landon Donovan dan Robbie Keane pada tahun 2011 serta Robbie Fowler yang juga merupakan legenda sepak bola Liverpool Football di tahun 2013.

Itulah sebabnya tawaran bergengsi dari Visa tidak disia-siakan begitu saja. “PermataBank bangga karena mendapatkan kepercayaan sebagai satu-satunya bank di Indonesia yang memiliki lisensi penuh sebagai Mitra Bank Resmi di Indonesia dalam kerja sama dengan Visa untuk 2014 FIFA World Cup di Brazil. Hal ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan di PermataBank dalam membangun dan memposisikan PermataBank sebagai bank untuk Anda dan keluarga,” Bianto mengungkapkan rasa syukurnya.

Guna menyemarakkan kampanye 'My Football, My Family', PermataBank mengadakan beragam permainan seru dan menyelenggarakan travel fair yang menawarkan paket menarik ke Amerika Selatan maupun negara lain di Eropa dan Amerika. Bahkan, ada juga coaching clinic bagi anak-anak dan remaja di kota-kota besar yang dipandu oleh pemain nasional Indonesia.

Selain itu, ada event weekend banking Fun Famillionaire Carnival yang hadir di 10 kota yaitu, Tangerang, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Batam, Palembang dan Medan. Tak kalah hebohnya dengan acara ‘Nonton Bareng’ di beberapa kota besar.

PermataFamillionaire

Kemeriahan di jaringan kantor cabang PermataBank tidak kalah serunya. Gema dan nuansa Piala Dunia begitu kental dengan  berbagai ornamen bertema 2014 FIFA World Cup yang dapat dirasakan nasabah dan keluarganya saat melakukan transaksi perbankan.

Bagaimana penawaran untuk pemegang kartu kreditnya? Tidak perlu khawatir, karena ada  Permata Festival Program yang menawarkan aneka program memikat bagi pemegang kartu kredit Visa PermataBank serta pemegang kartu kredit dan kartu debit Exclusive dan Limited Edition edisi 2014 FIFA World Cup.

”Kami senang dapat bekerja sama dengan PermataBank yang menyelenggarakan beragam program untuk mendukung rakyat Indonesia dalam merayakan 2014 FIFA World Cup,” kata Ellyana Fuad, Direktur Utama PT Visa Worldwide Indonesia.

Kemitraan Visa dengan FIFA yang telah dijalin dalam jangka waktu panjang memungkinkan pihaknya untuk melayani  pemegang kartu Visa dengan  berbagai program yang sejalan dengan kegemaran mereka terhadap permainan sepak bola dan meningkatkan kenikmatan yang mereka rasakan sebagai penggemar olah raga ini.

PermataFamillionaire Berhadiah Total Rp10 Miliar

Tingginya animo masyarakat atas kampanye ‘My Football, My Family’ yang dirilis pada 23 Januari 2014, mendorong PermataBank untuk meluncurkan program ‘PermataFamillionaire’ dengan total hadiah Rp10 miliar dan paket menonton Piala Dunia 2014 bersama keluarga. Program ini berlangsung selama 1 Maret-31 Juli 2014.

“Di luar dugaan masyarakat antusias. Respons positif masyarakat ditunjukkan dengan peningkatan dana murah yang cukup besar, sehingga mendorong kami untuk melanjutkan program PermataFamillionaire yang dikemas dengan nuansa Piala Dunia,” jelas Bianto lagi.

Dijelaskan Bianto, nasabah PermataBank berpeluang pergi ke Brazil untuk menonton pertandingan bergengsi Piala Dunia yang diselenggarakan bulan Juni-Juli 2014. Kesempatan langka ini ditawarkan melalui program PermataFamillionaire dengan acara ‘Family Tour to Brazil’ kepada dua orang nasabah beruntung, di mana masing-masing nasabah bisa mengajak tiga orang anggota keluarganya. Hadiah ini berlaku untuk periode pengundian bulan Maret dan April 2014.

Untuk PermataFamillionaire berhadiah total Rp10 miliar akan dibagi kepada 5.581 nasabah yang beruntung dengan variasi hadiah mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp1 miliar. Hadiah uang tunai senilai Rp1 miliar bagi satu nasabah, yang akan diundi pada bulan Agustus  2014.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan hadiah undian PermataFamillionaire Rp10 miliar? Calon nasabah cukup membuka rekening. Hadiah Bulanan berupa uang tunai Rp 500 juta bagi satu nasabah  untuk periode bulan Mei, Juni & Juli 2014; uang tunai Rp 50 Juta bagi lima nasabah untuk periode bulan Maret, April, Mei, Juni & Juli 2014. Selain itu Hadiah Bulanan uang tunai Rp5 Juta bagi 110 nasabah untuk periode bulan Maret, April, Mei, Juni & Juli 2014, serta uang tunai Rp500 ribu bagi 1.000 nasabah untuk periode bulan Maret, April, Mei, Juni & Juli 2014. Total pemenang selama periode program adalah 5.581 nasabah dengan total sebesar Rp10 miliar.

Juga ada beragam hadiah langsung berupa merchandise resmi 2014 FIFA World Cup Brazil in Association with VISA untuk setiap pembukaan rekening bagi nasabah baru yang hadiahnya akan dapat dimiliki oleh setiap anggota keluarga. Pembukaan dengan nominal Rp1 Juta dengan saldo mengendap selama 1 bulan akan mendapatkan shirt, cap dan pouch.

Sedangkan untuk pembukaan dengan nominal Rp5 juta di-hold 3 bulan, akan mendapatkan Travelling Bag. Khusus untuk pembukaan Rp30 juta di hold tiga bulan akan mendapatkan Kids Bike (girl/boy).

Selain itu, PermataBank juga meluncurkan edisi khusus Kartu Debit & Kartu Kredit edisi 2014 FIFA World Cup Brazil in Association with Visa, yaitu PermataDebit, Kartu Debit  PermataMe! serta Kartu Debit PermataBintang dengan desain Mickey Soccer yang menarik untuk anak-anak.

Untuk hadiah tambahan akan diberikan kepada nasabah yaitu merchandise resmi 2014 FIFA World Cup BrazilTM in Assocation with Visa berupa tas punggung diberikan bagi nasabah yang membuka rekening dengan nominal Rp5 juta mengendap 5 bulan dan nasabah yang mengaktifkan dan bertransaksi melalui layanan PermataBank yaitu Navigator, PermataNet, Jaringan PermataATM, ATM Bersama, Prima, Alto dan Visa/Plus, PermataDebit, serta download dan upgrade BBMoney.

Sementara itu, Permata Festival Program memberikan penawaran menarik seputar PermataKartuKredit dan PermataDebit termasuk menerbitkan Kartu Kredit dan Kartu Debit Edisi Khusus 2014 FIFA World Cup BrazilTM in Association with Visa.

Apa saja kelebihan kartu kredit dan debit edisi khusus 2014 FIFA World Cup BrazilTM in Association with Visa? Cukup banyak, antara lain: gratis tarik tunai di ATM mana saja di seluruh dunia  (jaringan ATM Bersama, ALTO, PRIMA, & Visa/Plus) dengan minimum saldo sesuai ketentuan rekening; akses luas untuk transaksi belanja di lebih dari 27 juta merchant dengan mesin EDC berlogo Visa, promo diskon menarik di berbagai merchant ternama, dilengkapi laporan transaksi melalui layanan SMS Navigator, didukung dengan layanan e-channel yang aman & praktis: PermataMobile, PermataNet, PermataATM, PermataTel, & PermataMini ATM. Juga, gratis souvenir menarik untuk setiap kartu FIFA World Cup yang diaktivasi dan paket tiket nonton FIFA World Cup ke Brazil untuk pembelanjaan tertinggi.

“Melalui program PermataFamillionaire, kami ingin memberikan manfaat dan kemudahaan bagi nasabah dan keluarganya sekaligus terus menerus mengajak masyarakat agar gemar menabung disertai dengan kesempatan mendapatkan hadiah selain bunga atau bagi hasil,” Bianto menguraikan.

Strategi PermataBank menggenjot dana tabungan dan peningkatan frekuensi transaksi kartu kreditnya melalui kampanye My Football, My Family dengan memanfaatkan momentum Piala Dunia cukup jitu. Bianto optimistis akan mengalami pertumbuhan bisnis yang memuaskan.

Saat ini jumlah kartu debit PermataBank mencapai 1,5 juta, sedangkan jumlah kartu kreditnya mencapai 500 ribu.  Bank swasta ini  mengincar pertumbuhan tabungan di atas 25 persen.  Sementara, untuk kartu kredit ditargetkan mengalami kenaikan 10-15 persen.

Melalui program 'My  Football, My Family', PermataBank berharap dapat mendongkrak kenaikan  pertumbuhan  dana pihak ketiga (DPK) 15-20 persen. Asal tahu saja, DPK yang berhasil dihimpun  PermataBank sepanjang tahun 2013 adalah Rp132,8 triliun. Adapun komposisi DPK PermataBank masih didominasi deposito sebesar Rp79,16 triliun, giro senilai Rp24,47 triliun, dan  tabungan Rp17,36 triliun.

Dalam kaca mata Sumardy, pengamat bisnis, strategi PermataBank dalam menggarap pasar  consumer banking, terutama tabungan dan kartu kredit yang memanfaatkan ajang Piala Dunia 2014 sah-sah saja. Strategi semacam itu juga banyak dilakukan oleh perusahaan lain, khususnya ritel.

“Di bisnis perbankan sebetulnya yang ditawarkan semua bank, baik  produk maupun jasa sama. Jadi, yang penting adalah memberikan nilai tambah bagi nasabah melalui gimmick-gimmick menarik dan pelayanan yang memuaskan,” ungkap Sumardy, pakar marketing yang juga owner Onbee Marketig Research itu. (***)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)