Pertahankan Orisinalitas, Kunci Sukses Batik Haryan

CV Haryan Handicrafts menjaga orisinalitas produk sebagai strategi menghadapi melemahnya permintaan batik di pasar internasional, terutama Eropa. Batik Haryan menawarkan keunggulan kain dan produk batik tradisional, hasil buatan tangan (handmade) dan bukan produksi mesin.

Hasil jadi dari Batik Haryan adalah Batik Cotton Fabric, Batik Men Shirt, dan Batik Pareo. Kapasitas produksi per bulan mencapai 80 ribu yard kain batik. Harga ekspor berkisar US$ 16 per produk. Pasar ekspor Batik Haryan mencakup Amerika Serikat (AS), Jerman, Perancis, Yunani, Australia, China, Hong Kong, Inggris. Karena terjadi pergolakan ekonomi di Eropa, sekarang Batik Haryan konsentrasi menjual ke pasar AS.

batik-haryan

Pada 2013, nilai ekspor Batik Haryan mencapai US$ 538 ribu, 2014 menjadi US$ 928 ribu, dan pada 2015 menjadi US$ 1,09 juta. Pada 2015, kontribusi Batik Men Shirt sebanyak 51% dengan tujuan ke California (AS), 48% untuk Batik Cotton Fabric (kain batik) dengan negara tujuan AS, Perancis, Jerman, Hong Kong, Inggris, China, dan Australia. Sementara Batik Pareo hanya 1% ke Yunani.

Pendiri CV Haryan Handicrafts, Haryanto mengatakan, dalam mengekspor batik, pihaknya merasa memiliki kewajiban moral untuk melestarikan dan memperkenalkan batik sebagai karya warisan leluhur ke dunia internasional. "Karena itu, meskipun ada penurunan permintaan dari Eropa akibat krisis, kami tetap mempertahankan originalitas produk, memanfaatkan keunggulan batik sebagai warisan budaya produk handmade, bukan tekstil dari produksi mesin," ungkap Haryanto.

Pasar ekspor memang memiliki banyak tantangan, mulai dari melimpahnya tekstil dan produk tekstil, menurunnya minat generasi muda terhadap batik, sulitnya bahan baku, dan tidak stabilnya kurs mata uang asing. Belum lagi menurunnya permintaan dari negara-negara Eropa akibat krisis global, bahkan Spanyol dan Yunani saat ini sudah tidak menjadi pelanggan Batik Haryan.

Namun demikian, Batik Haryan berusaha eksis demi menjaga kinerja ekspor. Selain mempertahankan orisinalitas, Batik Haryan juga melakukan diversifikasi kualitas bahan baku dalam negeri, terutama katun, mengembangkan style, desain, dan pewarnaan dengan tetap menjaga kualitas, juga melakukan diversifikasi proses finishing. Batik Haryan juga memperluas pasar ke negara-negara potensial karena banyak dari produk Batik Haryan yang direekspor ke negara lain. "Untuk pasar ekspor, yang paling utama adalah menjaga kualitas produk serta menjaga hubungan dan merespon segera setiap komplain dari buyer," jelas Haryanto.

CV Haryan Handicrafts adalah produsen dan eksportir batik yang dibuat dengan cara proses tradisional. Perusahaan ini berdiri sejak 1996. Keunggulan Batik Haryan adalah pada proses produksi yang masih mengikuti tradisi pembuatan dengan cara handmade yang menggunakan canting cap atau stempel. Perusahaan skala menengah ini berlokasi di Solo dan telah mempekerjakan sebanyak 65 karyawan. (Reportase: Jeihan Kahfi Barlian)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)