Pertaruhan R-Max Series Garap Pasar Oli di Indonesia

  • R-Max Series, siap bersaing di pasar Indonesia

Meningkatnya permintaan kendaraan bermotor menjadi daya tarik tersendiri bagi ROKI Co., Ltd. untuk masuk ke Indonesia. Tahun ini, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), jumlah kendaraan bermotor ajan bertambah sekitar 6,1 juta unit, sedangkan tahun lalu sekitar 5.750.000 unit.

Itu baru motor, belum kendaraan roda empat, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), permintaan kendaraan roda empat sekitar 1.079 juta unit hingga akhir 2017 atau naik 1,6 persen dibandingkan tahun 2016, sekitar 1,06 juta unit.Tahun ini ditargetkan penjualannya sekitar 1,1 juta unit.

Melihat angka-angka di atas, bisnis otomotif di Indonesia terus berkembang dan peluangnya benar-benar menggiurkan. Apalagi dari jumlah penduduk, saat ini Indonesia menempati peringkat ke 4 terbesar di dunia.

Hal ini tentunya menjadi peluang yang menggiurkan bagi ROKI Co., Ltd untuk menjajaki pasar Indonesia dengan mengibarkan bendera PT ROKI Asia Trading yang menawarkan berbagai produk suku cadang otomotif baik untuk mobil maupun sepeda motor.

ROKI Co.,Ltd. berpusat di kota Hamamatsu, memiliki bisnis utama di bidang teknologi filtrasi saringan udara, saringan oli mesin, serta oli mesin untuk konsumen global after market. Saat ini ROKI telah memiliki 22 pabrik dan kantor lebih di 12 negara.

Di kawasan Asia, pabrik ROKI berada di Thailand, India, Vietnam, dan kini Indonesia yang berada di daerah Cikarang Barat, Jawa Barat. Di Indonesia, pabrik ROKI dibangun pada tahun 2017. Suku cadang yang diproduksi di Indonesia seperti saringan udara, saringan oli, pembersih dalam bentuk semprot dan oli mesin. Pertimbangannya, perputaran produk-produk tersebut cepat dan banyak digunakan.

Menurut Masaaki Suzuki, Head of Global After Market Product Department ROKI Japan, Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial untuk pengembangan produk suku cadang otomotif yang memiliki kualitas tinggi dan harga terjangkau.

Untuk masuk ke Indonesia, ROKI memperkenalkan oli buatannya dengan merek R-Max. Huruf R sendiri merupakan sebutan untuk ROKI, sedangkan Max adalah Maximum. Maka jika digabungkan R-Max merupakan kepanjangan dari ROKI Maximum.

R-Max adalah merk baru untuk mendukung project Global After Market Products (GAP) guna menghadapi tantangan bisnis di B2C (business to consumers). Oli produksi ROKI bisa dipergunakan untuk sepeda motor dan mobil. Suzuki menambahkan, R-Max terbagi dalam tiga jenis yaitu R-Max-G (Global) yang berarti produknya bisa digunakan untuk sejumlah model kendaraan.

Selain itu ada juga R-Max-P (Premium), produk ini dapat digunakan untuk kendaraan premium dan produk aftermarket R-Max-R (Racing), digunakan untuk kendaraan yang kerap digunakan untuk racing atau balapan cocok menggunakan produk ini. Produk R-Max yang dipasarkan di Indonesia, berasal dari Thailand.

Saat ini, R-Max series digunakan hampir semua merek mobil mulai dari brand Jepang, Eropa hingga Amerika. Sedangkan untuk sepeda motor, menurut Johan Yunus Djuardi Manager PT ROKI Asia Trading Indonesia, produk R-Max baru bisa digunakan merek Honda dan Yamaha. "Dua model ini populasinya tinggi, namun tidak menutup kemungkinan ada pengembangan produk untuk merek sepeda motor lainnya. Apalagi harga semua merek R-Max series lebih murah 30% dari harga genuine part milik pabrikan," kata Johan.

Sebagai gambaran harga, untuk produk saringan udara R-MAX Series mulai dari Rp 25.000, sedangkan range harga untuk oli mesin mulai dari Rp 30.000.

Diakui Masaaki untuk tahap awal pihaknya tidak mematok target, karena ROKI akan lebih banyak melakukan edukasi bahwa semua produk dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan suku cadang yang berkualitas tinggi dengan harga ekonomis, serta aman bagi kendaraan..

Untuk edukasi R-Max melakukan kegiatan baik melalui online dan offline untuk pengenalan produknya. Untuk online pihaknya memiliki akun sosmed berupa facebook fanpage yaitu RMAXSeries dan instagram @rmaxseries yang bisa konsumen akses.

Sedangkan secara offline, untuk menggarap pasar Indonesia, secara rutin mengunjungi pasar suku cadang, seperti bengkel dan berkomunikasi kepada retailer. Selain itu, juga mengadakan gathering information kepada mekanik maupun konsumen secara langsung. "Kami akan menggandeng distributor dan para reteler oli di seluruh Indonesia, agar produk R-Max Series ini bisa diterima oleh konsumen Indonesia, khususnya segmen market B to C," kata Masaaki.

Sedangkan untuk Air Filter produk R-Max, sudah tersedia untuk Motor Honda dan Yamaha dan tidak menutup kemungkinan untuk motor brand lainya. "Nanti kami akan mengembangkan produk ini untuk merek sepeda motor lainnya," tutur Masaaki.

Ke depan, PT ROKI Asia Trading Indonesia tidak hanya memperkenalkan dan mengembangkan produk-produk otomotif aftermarket, tapi juga akan mengeluarkan rangkaian produk lainnya, khususnya suku cadang berkualitas tinggi yang dipasarkan dengan harga ekonomis melalui GAP. Tujuannya untuk meminimalisir penggunaan produk-produk tiruan berkualitas rendah yang beredaran di pasar.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!