Pertumbuhan Samwon Shop Capai 9.000% dalam 9 Bulan

Setelah sukses dengan jaringan bisnis dan sistem waralaba masakan khas Korea, kini resto Samwon House memasuki ranah digital. Lewat platfom Samwon-shop.com yang sudah beroperasi sejak Maret 2015 lalu, pertumbuhan online shop ini mencapai 9.000% (terhitung sejak Januari 2016). Keputusan Samwon Group masuk ke bisnis e-commerce didasari oleh permintaan masakan Korea yang tinggi di luar Jakarta di mana di luar Jakarta belum banyak restoran Korea.

“Di Samwon Shop kami menjual bahan dasar untuk makanan Korea beserta bumbu-bumbunya seperti teokkbokki, japchae, kimchi, oden, bumbu untuk membuat samgyetang, bimbimbap, dan lain-lain. Kami berikan juga cara membuatnya sehingga pembeli bisa membuatnya sendiri di rumah. Tak perlu takut rasanya tidak enak karena rasanya sama dengan yang kami sajikan di Samwon House dan Samwon Express. Semua produk kami buat fresh dari dapur utama kami setelah pesanan masuk,” ujar Alvin Sentosa, Manajer Operasional Samwon Shop.

step0001

Samwon Shop juga menjual camilan, mie, minuman khas Korea seperti samyang, pepero, aloe nongjang, borica, dan lain-lain. Selain makanan dan minuman, Samwon shop menjual produk-produk lain seperti jam tangan dan pembalut. Alvin mengatakan pintu selalu terbuka bagi produsen, distributor, atau importer yang ingin bekerja sama. “Ke depan, produk yang ada di Samwon Shop akan lebih bervariasi lagi. Mungkin nanti akan ada handphone, elektronik, produk-produk kecantikan dan kesehatan, komputer, dan lain-lain,” jelasnya.

Selain memiliki website sendiri untuk menjual produk, Samwon Shop juga masuk ke semua market place yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Mataharimall, Blibli, Elevania, Blanja, Qoo10. Sebanyak 70% pesanan berasal dari market place ketimbang pemesanan langsung dari website. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagi Alvin karena ia ingin lebih banyak menjangkau konsumen.

Sejak Januari 2016, rata-rata Samwon Shop bisa mengirim lebih dari 1.000 paket per hari. Dengan permintaan yang begitu tinggi, tim Samwon Shop bertambah menjadi 30 orang dan pengirman paketpun direncanakan akan dilakukan setiap hari.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)