Pesawat R80 Dilirik Maskapai Penerbangan Dalam Negeri

20140408_111106

Pembuatan pesawat turboprop R80 besutan PT Regio Aviasi Industri ( RAI) telah memasuki tahap preliminary design di tahun ini. Pesawat R80 rupanya telah dilirik beberapa maskapai penerbangan asal dalam negeri.

Disampaikan oleh Ilham Habibie, Komisaris RAI, dari awal pembuatan pesawat R80 sudah ada enam maskapai penerbangan yang ikut yaitu Merpati, Citilink, Wings Air, Nam Air, dan Kalstar. Sampai saat ini RAI telah menandatangani Lol (Letter of Intent) dengan dua maskapai penerbangan lokal.

“Kami sudah tanda tangan LoI dengan Nam Air dan Kalstar, untuk Nam Air 100 pesawat dan Kalstar 25 pesawat,” jelas Agung Nugroho, Presiden Direktur PT RAI.

Pesawat turboprop R80 memiliki kapasitas penumpang 80 orang ini akan meggunakan baling-baling turbo dengan tujuan mengurangi konsumsi bahan bakar. Pesawat R80 ini bisa dikatakan lebih unggul dari pesawat di kelasnya karena memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak. PT RAI saat ini masih memfokuskan penjualan domestik karena sesuai dengan kebutuhan penerbangan domestik.

IlhamHabibie

“Kami saat ini memang masih fokus di domsetik tapi tak menutup kemungkinan untuk menjual ke luar negeri, saya rasa jenis pesawat ini juga cocok digunakan di negara-negara ASEAN,” ujar Ilham.

Lebih lanjut Ilham juga meyampaikan, kondisi penerbangan dan infrastruktur di Indonesia, sebenarnya hampir sama dengan kondisi di negara-negara ASEAN. Selain banyaknya negara kepulauan, infrastruktur bandara yang masih belum memadai seperti landasan yang pendek  sesuai dengan spesifikasi pesawat R80.

Nantinya setelah R80 berhasil terbang perdana di tahun 2017,pengembangan akan dilakukan. Pesawat R100 yang memiliki kapasitas 100 penumpang akan menjadi langkah selanjutnya PT RAI. “Tapi saat ini kami akan fokus satu-satu dulu, setelah R80 baru kami kembangkan R100,” tutup Ilham. (EVA)

Leave a Reply

3 thoughts on “Pesawat R80 Dilirik Maskapai Penerbangan Dalam Negeri”

Minta alamat dan email PT. Regio Aviasi Indonesia untuk lamar kerja,Terima kasih
by David Kleden, 16 Sep 2014, 10:03
Minta alamat dan email PT. Regio Aviasi Indonesia, saya mau lamar untuk kerja .Terima kasih
by David Kleden, 16 Sep 2014, 09:58
Minta Alamat dan Email PT Regio Aviasi Indonesia, saya mau lamar bekerja. Terimakasih
by David Kleden, 16 Sep 2014, 09:56

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)