Pocari Sweat Memiliki Tim Solid untuk Menjalankan Strategi WOMM

Pocari Sweat boleh dibilang memimpin pasar minuman isotonik di Indonesia. Produknya kerap menjadi bahan perbincangan di media sosial. Untuk itu, Pocari Sweat selalu melakukan inovasi yang unik untuk setiap kegiatan mengedukasi produknyasupaya menjadi yang terdepan dan menciptakan tren baru di masyarakat. Bagaimana strategi WOMM yang dijalankan Pocari Sweat? Ivan Tigana, Product Marketing Manager Pocari Sweat (PT Amerta Indah Otsuka), menuturkannya kepada Ria Efriani Pratiwi:

Pocari-Ivan

Bagaimana strategi Pocari Sweat untuk menggarap pasar dan memenangkan persaingan yang makin ketat sehingga bisa selalu menjadi pembicaraan (WOMM) pelanggan? Mohon dijelaskan seperti apa langkah-langkah konkretnya?

Kami selalu melakukan inovasi untuk selalu dekat dan terbuka terhadap para konsumen kami. Tentunya kami selalu tidak lepas dari berbagai channel marketing: Above The Line (ATL), Below The Line (BTL), Public Relations (PR), hingga digital untuk dapat berinteraksi dan dekat dengan konsumen kami.

Apakah perusahan Anda mempunyai organisasi/divisi tersendiri yang membawahi WOMM atau menggunakan outsourcing (perusahaan apa yang di-outsourcing tersebut)?

Kami memiliki tim yang salah satunya menjalankan strategi WOMM di dalam kegiatan marketing Pocari Sweat.

Apa yang boleh dan tak boleh dilakukan agar WOMM (soal Pocari Sweat) tetap positif atau tidak terjebak dalam bumerang yang membuat WOMM malah negatif dan tidak berkelanjutan (sustainable)?

Kami selalu berusaha untuk terbuka kepada konsumen kami. Pocari Sweat adalah produk yang dapat menunjang hidup sehat, terukur dan aman. Cepat dalam menanggapi pertanyaan ataupun komentar dari para konsumen adalah prioritas utama bagi kami dalam hal ini.

Pocari-Produk

Bagaimana agar Pocari Sweat tidak latah dalam melakukan WOMM? Dalam arti, tidak hanya sekadar ikut-ikutan merek lain dalam melakukan promosi mulut ke mulut, misalnya dengan mensponsori satu acara tertentu yang sudah banyak dilakukan merek lain.

Kami selalu melakukan inovasi yang unik untuk setiap kegiatan mengedukasi produk Pocari Sweat, supaya menjadi yang terdepan dan menciptakan tren baru di masyarakat.

Bagaimana cara Pocari Sweat melakukan inovasi, dalam produk, layanan, dan pemasaran, sehingga selalu ada hal-hal baru yang layak dikomunikasikan dan menjadi pembicaraan pelanggan? Bisa dilakukan berapa bulan atau tahun sekali inovasi tersebut?

Tentunya dengan perencanaan yang matang, tidak lepas dari analisis dan evaluasi. Dan consumer insight adalah hal penting sebelum kami melakukan inovasi. Untuk waktu inovasinya, kami selalu berupaya untuk melakukan invoasi tanpa ada batasan waktu. Kunci utamanya adalah melihat tren baru apa yang akan menjadi potensi besar.

Bagaimana pengukuran dan pengevaluasian dampak WOMM oleh perusahaan Anda (khususnya pada merek Pocari Sweat)?

Pengukuran dan evaluasi tentunya selalu kami lakukan untuk dapat melakukan sebuah pembaruan yang lebih inovatif dan menjadi terdepan. Banyak alat digital yang bisa kita gunakan dalam mengukur, baik untuk traffic dan engagement dalam website ataupun media jejaring sosial. Dan tentunya kita juga melakukan ini secara keseluruhan, baik melalui ATL, PR, dan BTL.

Seberapa efektifkah WOMM ini agar kinerja perusahaan atau produk Pocari Sweat bisa terus meningkat?

Kami percaya bahwa WOMM selalu efektif untuk dapat membantu kami menuju objektif/tujuan, terutama untuk brand yang kami punya. Melihat potensi tren ke depan adalah bagaimana WOMM bisa menjadi efektif. Ketika kita bersama JKT 48 dan Irfan Bachdim (keduanya bintang iklan Pocari Sweat) menjadi pembicaraan untuk para konsumen, terutama di media jejaring sosial.

Berapa budget perusahaan Anda dalam melakukan WOMM per tahunnya, dan berapa persen dari budget marketing/promosi secara keseluruhan?

Ketika berbicara mengenai WOMM, digital marketing adalah cara yang punya potensi tinggi dan bisa lebih efektif. Bagi kami, semua strategi marketing yang kami jalankan itu penting, sehingga kami selalu mencoba menempatkan porsi yang sesuai untuk masing-masing strategi tersebut.

Bagaimana perkembangan kinerja (penjualan/omset) Pocari Sweat dalam 3 tahun terakhir? Rata-rata meningkat berapa persen per tahunnya? Apakah peningkatan itu di atas rata-rata industri minuman secara umum?

Pasar industri minuman di Indonesia semakin besar bertumbuh, termasuk di semua kategori RTD Drink. Ini adalah peluang besar bagi kami untuk terus mengedukasi benefit dari Pocari Sweat kepada para konsumen sebagai healthy drink. Penjualan Pocari Sweat dalam beberapa tahun terakhir, Alhamdulillah, bertumbuh terus, dan kami masih memegang pangsa pasar (terbesar), khususnya untuk minuman isotonik. Hal ini seiring dengan gaya hidup sehat yang semakin banyak dipraktikkan oleh masyarakat Indonesia. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)