Porsi Pasar Ultrathin di Indonesia 11%, Samsung Optimis Tumbuh 50%

Optimistis akan pertumbuhan pasar PC dan non-PC di Indonesia, Samsung tak ragu-ragu meluncurkan dan mem-branding ulang produk ATIV Book 9 Lite-nya. Aksi pemasaran ini dilancarkan menyongsong datangnya bulan September dan Oktober, peak season buat kenaikan angka penjualan.

“Kalau dilihat dari permintaan pasar, sebenarnya pasar notebook masih tetap bertumbuh di Indonesia walaupun di Asia Tenggara agak menurun secara global. Tapi, penetrasi pasar kami masih kecil untuk notebook,” ujar Sung Khiun, IT Business Director PT Samsung Electronics Indonesia kemarin (29/8).

Sung Khiun (kedua dari kiri), IT Business Director PT Samsung Electronics Indonesia Sung Khiun (kedua dari kiri), IT Business Director PT Samsung Electronics Indonesia

Ia membandingkan, penetrasi Samsung di pasar ultraslim belum seganas di kategori produk-produk elektronik macam TV dan ponsel yang penetrasinya sudah tinggi.

Jika dibandingkan dengan kuartal ke-3, biasanya pasar PC, akan bertumbuh minimal 30% pada kuartal ke-4 pasar karena datangnya peak season.

Mobile phone juga masih produk yang bertumbuh tiap tahun karena banyak replacement. Orang dulu beli handphone jadul, sekarang mereka ganti Android. Itu jadi menahan penurunan sebenarnya,” terang Sung Khiun pada sejumlah wartawan dalam media session di Jakarta.

Dengan keyakinan sebesar ini, memangnya Samsung akan tumbuh berapa persen semester 2? “Pertumbuhan kami pasti lebih dari 50% karena kami pemain baru di notebook. Dan kami masih dalam tahap growing,” sahutnya. Ia meyakinkan, notebook-notebook Samsung tahun lalu tak seinovatif tahun ini. Karena itu, pihaknya tak segan meluncurkan ulang ATIV Book.

Sampai bulan Juni lalu, porsi pasar non-PC ultrathin di Indonesia masih 11%. Samsung sendiri mengeklaim, pihaknya bisa merangsek sampai di atas porsi pasar. “Karena kami membidik segmen premium, Samsung pastinya lebih dari 50%,” tegas Sung Khiun sekali lagi.

Dan selain ATIV Book, Samsung juga memproduksi ATIV Tab dan ATIV One (all-in-one). (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)