Prestasi Asuransi Astra Diganjar Dua Penghargaan

Asuransi Astra kembali meraih penghargaan Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018 ­selama empat kali berturut-turut. Pada penghargaan kali ini, Asuransi Astra meraih dua kategori sekaligus yaitu Best Financial Performance kategori asuransi umum dengan aset di atas Rp10 triliun dan Best Consumer Choice Insurance Company kategori vehicle insurance.

Penghargaan Best Financial Performance kategori asuransi umum dengan aset di atas Rp10 triliun ini diraih atas kinerja keuangan sehat yang dimiliki Asuransi Astra yang secara tidak langsung telah meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kredibilitas Asuransi Astra. Kinerja keuangan tersebut dinilai melalui pendekatan desk research oleh Warta Ekonomi Research & Consulting (Stratego).

Penilaian ini diukur dari berbagai indikator dan rasio keuangan yaitu rasio solvabilitas (kemampuan perusahaan memenuhi semua kewajibannya), rasio beban klaim (jumlah rupiah klaim yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi terhadap jumlah premi yang diterima), combined ratio (ukuran profitabilitas yang digunakan perusahaan asuransi untuk mengindikasikan seberapa baik performa perusahaan tersebut dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari), underwriting ratio (mengukur tingkat keuntungan dari kegiatan usaha asuransi), retention ratio (menunjukkan jumlah yang tidak dibayarkan oleh perusahaan sebagai dividen akan diinvestasikan kembali untuk pengembangan usaha), dan rasio cadangan (menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban kepada pemegang polis).

Sedangkan, penghargaan Best Cunsomer Choice Insurance Company kategori vehicle insurance diraih karena Asuransi Astra memiliki nilai brand equity yang tinggi di atas perusahaan lain sehingga para pelanggan puas dan merekomendasikan Asuransi Astra kepada orang lain. Brand equity ini dinilai melalui penilaian quantitative survey yaitu metode online survey terhadap 5.000 responden pelanggan asuransi. Parameter brand equity ini terdiri dari pengetahuan pelanggan (awareness), persepsi kualitas produk dan perusahaan (perceive quality) yang didasarkan kelengkapan tanggungan jasa asuransi, jaringan kerjasama rumah sakit dan vendor lainnya, perbandingan premi dan manfaat serta jaminan proses klaim, kepuasan pelanggan (satisfaction), dan rekomendasi pelanggan (Net Promote Score). Seluruh pengumpulan data dan analisa tersebut dilakukan selama satu bulan dari 9 Juli sampai 10 Agustus 2018.

Menurut Adrianto, SVP Management Business Asuransi Astra, penghargaan ini merupakan bukti bahwa strategi yang dijalankan oleh Asuransi Astra selama ini sudah tepat. “Setiap tahunnya kami selalu memiliki strategi yang berbeda untuk dapat terus adaptif dan mempertahankan performa dan menjadikan kebutuhan dan keinginan pelanggan sebagai dasar atas inovasi produk dan layanan yang kami kembangkan,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)