Produsen Polygon Memproduksi Sepeda Merek-merek Kenamaan

PT Insera Sena, produsen sepeda merek Polygon, ternyata juga memproduksi merek-merek sepeda kenamaan kelas dunia, seperti Marin (Amerika Serikat0, Saracen (Inggris) dan Araya (Jepang). Bagaimana kiatnya menggarap pasar ekspor di 62 negara? Rony Liyanto, Direktur Pemasaran Polygon dan Peter Mulyadi, GM Public Relations Polygon memaparkannya kepada Arie Liliyah dari SWA Online:

Polygon Ronny Rony Liyanto, Direktur Pemasaran Polygon

 

Merek apa saja yang mengorder pembuatan/produksi produk di Polygon? Berapa volumenya? Berapa nilainya? Apakah terus meningkat dari tahun ke tahun?

Rony : Kami memproduksi berbagai brand sepeda untuk beberapa negara dalam bentuk OEM, beberapa brand merupakan brand sepeda terkemuka di dunia, produksi OEM ini kira-kira 60% dari kapasitas produksi kami.

Peter: Brand-brand yang diproduksi Insera Sena untuk pasar OEM, antara lain, Marin (Amerika Serikat), Saracen (Inggris), pebalap wanitanya memenangkan Tiga Besar World Cup Downhill 2014, Genesis (Austria), Araya (Jepang), dan pernah memproduksi Kona (Kanada) dan Scott (AS). Saat ini negara tujuan ekspor Insera Sena sudah mencapai 62 negara dengan terbanyak tujuan negara-negara di Eropa (80%)

Bagaimana awalnya Polygon bisa mendapatkan kepercayaan dari merek-merek tersebut?

Rony: Sejak awal bicycle manufacture kami memang didirikan untuk tujuan ekspor, awal berdirinya perusahaan kami bahkan hampir boleh dibilang di atas 90% ekspor. Kami berdiri tahun 1989, baru fokus mengembangkan brand sendiri di pasar domestik mulai tahun 1999. Semua infrastruktur dibuat dengan standar yang sudah tinggi.

Peter : Semua infrastruktur dibuat dengan standar yang sudah tinggi untuk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan negara-negara tujuan ekspor. PT Insera Sena sudah mempunyai standar EU (untuk Europe) dan JIS (Japan Industrial Standard) yang menjadi standar patokan bagi manufaktur sepeda di dunia. Kerja keras terus kami lakukan dari awal sampai saat ini, demi mendapatkan kepercayaan dari dunia internasional, tidak lupa juga kualitas pelayanan yang selalu kami jaga untuk hal tersebut.

Polygon -Ronny (tegak)

Bagaimana Polygon menjaga kepercayaan tersebut?

Rony : Polygon menjaga kepercayaan itu tentunya dengan terus belajar dan meningkatkan kualitas danriset, kami tidak pernah berhenti untuk itu.

Peter : Bahkan saat ini kami terus menaikkan standar kualitas dengan terus men-develop skill seluruh karyawan, memperbaharui sistem agar semakin efektif serta melakukan investasi dengan peralatan modern untuk terus dapat seiring dengan perkembangan teknlogi terkini dalam industri sepeda. Skill setiap bagian juga terus-menerus diasah seperti dalam metode pengelasan, treatment bahan mentah ke bahan siap rakit, serta pengecatan yang semakin detail dan berkualitas.

Salah satu bentuk skill development adalah kami melakukan teknik agar cat tidak pudar dengan melakukan tes UVtest selama 200 jam terus menerus. Hal ini menjamin kualitas cat kami tidak pudar demi kualitas terbaik. Inovasi dari segi desain juga ditingkatkan dengan men-develop sistem-sistem baru dalam desain sepeda agar dapat sejalan dengan tingkat tuntutan pasar yang semakin tinggi.

Inovasi apa saja yang dilakukan Polygon terkait kerja sama tersebut? Apakah Polygon juga ikut menyumbagkan desain?

Rony : Untuk memproduksi sepeda OEM kami tidak hanya membuat, kami juga terlibat dalam proses desain dan rancang bangun nya.

Peter : Jika pada awalnya kami hanya memproduksi sepeda saja, secara bertahap kami mulai dipercaya untuk merancang dari awal konsep sampai eksekusinya. Hal ini menunjukkan kepercayaan pihak luar terhadap kemampuan dari putra bangsa Indonesia. Tentunya hal ini tidak boleh membuat kami berbangga hati, melainkan merupakan tantangan baru yang harus kami laksanakan dengan hati-hati dan penuh perhatian. Karena bagaimanapun juga ini adalah amanah yang harus kami jaga.

Apakah ada kiat-kiat agar perusahaan luar pemilik merek makin terpikat dan tidak memindahkan ordernya ke tempat lain?

Rony : Kiat kami dalam mempertahankan para buyer dari OEM kami adalah tidak berhenti belajar dan terus meningkatkan kemampuan dalam up date technology terkini dalam industri sepeda. Tidak cukup sampai disitu, Polygon berharap bisa menjadi technology leader, tentunya ini memerlukan kerja keras.

Peter : Kiat kami dalam mempertahankan para buyer dari OEM kami adalah tidak berhenti belajar dan terus meningkatkan kemampuan dalam up date technology terkini dalam industri sepeda. Tidak cukup sampai disitu, Polygon berharap bisa menjadi technology leader, tentunya ini memerlukan kerja keras di semua lini dan divisi. Karena sesungguhnya merancang dan memproduksi sebuah sepeda membutuhkan integrasi dari semua bagian: Desain-Produksi- Marketing. Semua bagian ini jika diintegrasikan dengan baik akan menghasilkan karya terbaik yang dapat diterima oleh customer secara keseluruhan, bukan hanya produknya saja, tetapi seluruh reputasi perusahaan di mata pemilik merek. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)