Program 2+4+2, Strategi Marketing Sehat Ala AQUA | SWA.co.id

Program 2+4+2, Strategi Marketing Sehat Ala AQUA

Memasuki bulan Ramadhan, sejumlah produsen makanan dan minuman nampak gencar mengkampanyekan pola makan dan minum sehat selama berpuasa. Momen yang berlangsung selama satu bulan penuh itu memang seolah menjadi puncak dari grafik konsumsi masyarakat, selain hari raya seperti lebaran. Danone AQUA sebagai pelopor air minum dalam kemasan (AMDK) pun memanfaatkan momen ini untuk mengajak pelanggannya mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang tepat. Strategi tersebut dikemas apik dalam program 2+4+2.

Aqua

Program tersebut, dimaksudkan untuk mengedukasi konsumen mengkonsumsi 8 gelas air dengan pola 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas disaat sahur. Menurut Dr.dr. Saptawati bardosono M.Sc, ahli gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), selama berpuasa, tubuh manusia mengalami perubahan pola konnsumsi karena pembatasan waktu makan dan minum. Jika hal tersebut tidak diwaspadai, tubuh bisa kekurangan asupan air dan nutrisi yang dibutuhkan sehingga rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan . “Perlu diingat juga, jumlah konsumsi air putih ini tidak dapat digantikan dengan jenis minuman lain yang biasa meningkat selama bulan puasa, seperti minuman manis, bersoda atau yang mengandung kafein” jelas Dr. Saptawati.

Health Marketing Director Danone Aqua, dr. Jack Pradono Handojo, menjelaskan tujuan dari program 2+4+2 ini adalah untuk mengedukasi dan meningkatkan awarness masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air putih dalam jumlah tepat saat berpuasa. “Karena budaya dalam masyarakat kita kalau berbuka puasa lebih banyak asupan makanan dari pada air putihnya, maka kami membuat program ini untuk mengingatkan kembali tentang pentingnya air putih” jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Jack menjelaskan, program 2+4+ ini disosialisasikan melalui beberapa media. Pertama, melalui iklan di media siar dengan menggandeng presenter Ferdi Hasan sebagai bintang iklan. Kedua, melalui papan reklame (bilboard), dan yang terakhir Danone AQUA mengeluarkan paket promo di sejumlah minimarket. Selain itu, Danone AQUA juga melakukan kegiatan below the line dengan menggandeng Ikatan Dokter Indonesia dan IHWG untuk mengkampanyekan kegiatan PURI (Perikasa Urine Sendiri). Kegiatan tersebut betujuan agar setiap orang bisa memonitor apakah kondisi tubuhnya cukup hidarsi.

Menyinggung mengenai tantangan menghadapi kompetitor, baik sesama AMDK maupun alat penjernih air siap minum, dr.Jack mengatakan pihaknya tetap optimis karena yakin pada keunggulan produknya sebagai air mineral berkualitas. (EVA)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)