Promo McDonald’s dan Mastercard Dorong Transaksi Non Tunai

Menurut survei Mastercard bertajuk Consumer Purchasing Priorities, mayoritas responden di Indonesia pada tahun 2015 lebih memilih untuk bersantap di outlet-outlet cepat saji (fast food) dibandingkan dengan jenis restoran lainnya saat mereka ingin makan di luar rumah (80%), diikuti dengan pusat jajanan/food court (61%), dan restoran/kafe kelas menengah (22%). Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia lebih menyukai hal-hal yang praktis dan cepat dalam memenuhi kebutuhan mereka.

MasterCard

Namun, tingginya preferensi untuk makan di restoran cepat saji tersebut tidak diiringi dengan preferensi metode pembayaran elektronik ketika bertransaksi. Hanya 1% di antara mereka yang memilih untuk menggunakan kartu debit/ATM untuk membayar pesanan mereka di outlet cepat saji, sedangkan 99% lainnya masih memilih untuk menggunakan uang tunai.

Untuk mendorong cashless society pada tahun 2017 McDonald’s bekerja sama dengan Mastercard memberikan program di mana setiap pelanggan yang melakukan pembelian menu McDonald’s minimum senilai Rp 55 ribu dan melakukan transaksi dengan kartu debit maupun kredit Mastercard akan mendapatkan kesempatan pembelian 1 gratis 1 Choco Sundae (tidak berlaku kelipatan). Program yang akan berlaku mulai dari 7 Januari 2016 hingga 30 September 2018 ini hanya berlaku untuk pembelian di 170 outlet McDonald’s di seluruh wilayah Indonesia pada hari Sabtu dan Minggu.

Yanti Lawidjaja, Chief Finance Officer McDonald’s Indonesia, mengatakan, kerja sama ini merupakan satu dari rangkaian kemitraan jangka panjang dengan Mastercard untuk bersama-sama mendorong peningkatan transaksi pembayaran non-tunai di Indonesia. “Dengan outlet McDonald’s yang tersebar di seluruh tanah air, kami yakin dapat memberikan kontribusi terhadap Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Safdar Khan, Division Presiden Mc Donalds's untuk Indonesia, Malaysia and Brunei, mengatakan, “Melihat preferensi masyarakat yang masih sangat besar untuk menggunakan uang tunai, kami merasa diperlukan sebuah program berkelanjutan untuk mendorong masyarakat dalam menggunakan kartu pembayaran mereka. Kami berharap dengan periode program yang cukup panjang ini dapat menjadi wadah untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai manfaat dan keuntungan bertransaksi eletronik melalui beragam promo eksklusif yang kami berikan.”

Ke depannya, Mastercard juga akan terus berperan aktif untuk mendukung pemerintah dalam menggeser uang tunai dengan pembayaran elektronik, dalam rangka mempercepat terciptanya cashless society di Indonesia. Bekerja sama dengan para mitra yang terbuka untuk mengimplementasi solusi pembayaran dari Mastercard, seperti McDonald’s Indonesia, juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan penggunaan transaksi elektronik.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)