Qatar Airways Makin Agresif Garap Pasar Indonesia

Maskapai penerbangan asal Timur Tengah, Qatar Airways, tampaknya sedang agresif menggarap pasar Indonesia. Perusahaan tersebut terus meluncurkan berbagai program pemasaran menarik untuk meningkatkan jumlah penumpangnya, termasuk dengan memberikan gimmick diskon kepada para calon penumpang. Qatar Airways dikenal sebagai maskapai yang menghubungkan penerbangan dari berbagai kota besar dunia menuju Doha, Qatar. Di Indonesia, Qatar Airways sudah punya penerbangan rutin ke Jakarta, Denpasar dan Surabaya. Maskapai ini tumbuh makin pesat di Indonesia bila melihat pertumbuhan frekuensi penerbangannya ke Jakarta (21 kali seminggu), Denpasar (14 kali seminggu) dan Surabaya (tujuh kali seminggu).

Manajemen Qatar Airways tampaknya melihat Indonesia sebagai pasar yang menarik dan ingin menjadikan Indonesia sebagai hub bagi pasar ASEAN dengan Qatar. Qatar Airways juga berencana menargetkan Batam sebagai pusat logistik kargo untuk merambah pasar ASEAN. Salah strategi terbarunya untuk meningkatkan basis pelanggan, Qatar Airways baru saja menggelar program promosi baru dengan memberikan diskon eksklusif selama masa promosi.

Ya, maskapai ini memberikan diskon untuk semua penerbangan termasuk penerbangan ke Istanbul, Zurich, Paris, dan London. Selain itu memberi penumpang berupa bonus Qmiles dan Qpoints sebesar 50% di kelas ekonomi dan Qmiles serta Qpoints ganda di kelas bisnis. “Kami sangat senang bisa mengajak seluruh penumpang dalam merencanakan perjalanan mereka dengan promosi global kami yang menarik. Kami menawarkan diskon ekstensif di semua kelas kabin yang tersedia di semua penerbangan ke lebih dari 160 destinasi penerbangan menarik," ungkap Chief Commercial Officer Qatar Airways, Ehab Amin.

Tak salah bila menyebut Qatar Airways sebagai salah satu maskapai penerbangan global dengan pertumbuhan cepat. Kini maskapai ini telah memiliki armada lebih dari 200 pesawat yang terbang ke tujuan bisnis dan rekreasi di enam benua. Baru-baru ini Qatar Airways meluncurkan rute penerbangan langsung ke Gothenburg (Swedia), Mombasa (Kenya), dan Da Nang (Vietnam). "Kami juga berencana untuk meluncurkan berbagai destinasi baru pada 2019 ini, antara lain ke Valletta (Malta) dan Isfahan (Iran)," sebut Ehab Amin.

Belum lama ini Qatar Airways dinobatkan sebagai maskapai ‘World’s Best Business Class, ‘Best Business Class Seat’, ‘Best Airline in the Middle East’ dan ‘World’s Best First Class Airline Lounge’ di World Airline Awards 2018 -- dikelola organisasi pemeringkat transportasi udara internasional, Skytrax. Maskapai ini tampaknya terus akan mengepakkan sayap dengan terus menambah jumlah destinasi penerbangannya, sekaligus juga ingin membawa sebanyak mungkin penumpang dan turis agar memasuki kota Doha (Qatar).

Sudarmadi

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)