Qurban Festive 2018 Bersama Transmart dan Tiga Lembaga Kemanusiaan

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) kembali menggelar Qurban Festive 2018. Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin tahunan ini merupakan yang ke-6 kalinya sejak pertama dilakukan pada tahun 2013.

Guna menyukseskan kegiatan kurban ini, Transmart Carrefour bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa dan PKPU untuk menyediakan booth informasi mengenai kurban sekaligus bisa melakukan pembelian hewan kurban di 105 gerai Carrefour dan Transmart Carrefour di seluruh Indonesia.

Program Qurban Festive 2018 ini akan berlangsung mulai tanggal 20 Juli 2018 sampai dengan 22 Agustus 2018.

"Tujuan kami menjual hewan kurban ini untuk mempermudah seluruh konsumen dan masyarakat yang akan membeli dan langsung menyalurkan hewan qurban kepada masyarakat yang membutuhkan yang berada di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri,” jelas Satria Hamid, Vice President Corporate Communications Transmart Carrefour.

Adapun hewan kurban yang berasal dari peternak unggulan di seluruh daerah di Indonesia. Harga untuk kambing Rp 1.975.000 dan sapi Rp13.500.000.

Transmart Carrefour juga mempunyai program CSR tahunan pada peringatan hari Raya ldul Adha ini, yaitu satu gerai Transmart Carrefour berkurban 1 kambing dengan tagline OSOG (One Store One Goat) yang akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di lingkungan sekitar gerai itu.

PKPU Human Initiative memprioritaskan distribusi hewan kurban di wilayah Timur Indonesia, karena 70% daerah tertinggal Indonesia berada di wilayah tersebut. Ketimpangan pembangunan berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Tidak mengherankan jika angka kemiskinan di wilayah timur Indonesia sangat tinggi. "Oleh karena itu, perlu ada pemerataan distribusi hewan kurban di wilayah timur Indonesia yang masyakatnya miskin sehingga jarang melaksanakan pemotongan hewan qurban saat hari Raya Idul Adha," kata Andjar Radite, Partnership Director PKPU.

PKPU Human Initiative juga melakukan distribusi hewan kurban ke wilayah luar negeri yang mengalami konflik kemanusiaan berkepanjangan di antaranya Somalia, Kenya dan Rohingya. Konflik kemanusiaan menyebabkan krisis pangan di wilayah tersebut. Kelaparan merupakan penyebab utama kematian di wilayah krisis pangan di dunia.

Laporan dari WHO tahun 2014, sebanyak 50.000 orang dalam sebulan dapat terjangkit malnutrisi dan penyakit lainnya akibat krisis pangan. Idul Adha dijadikan sebagai sarana untuk memberikan konstribusi pangan ke wilayah konflik kemanusiaan sehingga bisa memberikan dampak pengurangan krisis pangan yang mengancam wilayah tersebut.

Melalui program tersebut, Dompet Dhuafa dan Transmart Carrefour sengaja memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berkurban melalui konter dan kasir di sejumlah gerai Transmart Carrefour di Indonesia. "Jadi di sela berbelanja di Transmart Carrefour, masyarakat dapat langsung menunaikan kurbannya melalui kasir di lokasi tersebut," tutur Urip Budiarto, GM Resources Mobilization Dompet Dhuafa.

Menurut Partnership Director ACT, Mukhti, tahun 2017 Global Qurban-ACT mampu berkolaborasi dengan 2.000 mitra gerai ritel. Global Qurban aktif melayani calon pekurban. Siapapun yang berniat berkurban melalui Global Qurban-ACT, dapat dengan mudah bertransaksi di supermarket maupun minimarket terdekat.

Kolaborasi Global Qurban dengan Carrefour kini telah memasuki tahun ke-6. Ini menjadi bagian dari ikhtiar Global Qurban untuk memperluas ajakan berkurban yang mudah, terjangkau, tepat sasaran, dan transparan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)