Ramadhan, Bulan Baik Pasar Ponsel

Bulan Ramadhan ternyata bukan hanya bulan baik bagi umat Islam, tetapi juga bagi pelaku bisnis. Tak hanya pasar FMCG (fast moving consumer goods), pasar gadget pun kecipratan untung. Seperti diungkapkan Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing Communication Erajaya Group, rekor penjualan ponsel tertinggi selalu di bulan puasa.

Hal serupa disampaikan pula oleh Direktur Marketing Blackberry Indonesia, Eka Anwar. "Bulan ini orang-orang gajinya double dari THR," kata Eka saat peresmian program BlackBerry Terjangkau.

Senada dengan Eka, Djatmiko mengungkapkan bahwa minggu ketiga Bulan Ramadhan biasanya jadi puncak tertinggi penjualan ponsel selama setahun. "Ada tiga musim yang biasanya terjadi lonjakan, yaitu musim liburan kenaikan kelas, lebaran, dan year-end," tutur Djatmiko saat dihubungi melalui telepon.

Di musim libur kenaikan kelas, ponsel entry-level banyak dicari. Djatmiko menjelaskan, "biasanya kalau naik kelas anaknya dikasih hadiah HP." Musim ini biasanya berlangsung di pertengahan tahun atau sekitar bulan Juli dan Agustus.

Bulan Ramadhan pun peningkatan penjualan ponsel tak kalah dengan musim liburan. Di minggu pertama, trennya memang masih seperti hari normal. Kenaikan baru terlihat di minggu kedua. "Minggu ketiga yang tertinggi," ujar Djatmiko. Di minggu ini biasanya ritel ponsel mencapai rekor penjualan tertingginya. Minggu ke empat Ramadhan, tren penjualan ponsel turun lagi. Kenaikan justru kemudian berpindah dari Jakarta ke daerah - daerah di pekan sesudahnya.

Di akhir tahun, angka penjualan ponsel akan kembali mengalami peningkatan. "Naiknya antara Natal dan tahun baru," pungkas Djatmiko. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)