'Rame-rame' Produsen Tawarkan Mobil Ramah Lingkungan

Mobil-mobil yang ramah lingkungan mewarnai ajang Indonesia International Motor Show 2013, yang diadakan di Kemayoran, Jakarta, selama tanggal 19-29 September 2013. Mulai dari yang harganya murah hingga mahal bisa dilihat di pameran yang digelar satu tahun sekali itu. Selain harga yang bervariasi, teknologi yang digunakan untuk menghasilkan kendaraan ramah lingkungan pun beragam.

Dalam acara pembukaan IIMS, pekan lalu, perusahaan otomotif asal Jepang, PT Mazda Motor Indonesia, memperlihatkan bahwa mereka mempunyai teknologi Skyactiv. Teknologi ini dipasang di mobil Mazda Biante yang harganya Rp 398 juta (on the road Jakarta). Keizo Okue, Presiden Direktur Mazda Motor Indonesia, mengatakan, teknologi Skyactiv yang dihadirkan perusahaan sejalan dengan tema utama IIMS tahun ini, "Smart Mobility." Bahkan, teknologi itu menjadi hal yang ditonjolkan perusahaan di booth-nya selama pameran berlangsung.

mazda biante

"Mazda berkomitmen untuk menghadirkan kenyamanan berkendara Zoom-Zoom terbaik dengan teknologi terdepan Mazda, serta performa dinamis yang aman dan ramah lingkungungan," ucap Keizo.

Teknologi ramah lingkungan juga diusung oleh produsen mobil premium, Mercedes-Benz. Mobil E-Class seri terbaru, yaitu E 250 AVA, E 250 CDI, dan E 250 Coupé, termasuk yang menggunakan teknologi itu. "Pada seri E-Class terbaru, kami mengembangkan model terdahulu di setiap aspeknya. Tidak hanya penyempurnaan dalam segi desain dan mesin, tapi model-model terbaru ini juga secara signifikan mengembangkan fiturnya dalam aspek keselamatan maupun teknologi ramah lingkungan," terang Stephan Moebius, Direktur Penjualan dan Pemasaran Mercedes-Benz Indonesia.

mercedes benz e 250

Bahkan, "green" menjadi salah satu dari empat pilar yang diterapkan Ford dalam memproduksi mobil One Ford global. "Efisiensi bahan bakar itu aspek penting bukan hanya untuk orang Indonesia, tapi seluruh dunia. Oleh karena itu, efisiensi bahan bakar bagi Ford adalah salah satu pilar utama, green," ujar Bagus Sutanto, Managing Director Ford Motor Indonesia.

Di mobil anyar New Ford Fiesta, produsen menawarkan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar. Hal itu bisa diwujudkan karena mobil ini menggunakan mesin Ti-VCT 1.5L yang didukung dengan perangkat lainnya. "Yang jelas kami yakin sejauh ini respons dari masyarakat Indonesia terhadap New Ford Fiesta ini sangat positif karena dengan desain yang baru baik eksterior maupu interiornya, dengan mesin terbaru yang lebih efisien bahan bakar, namun tetap top dalam performa," tuturnya.

Dan di awal tahun depan, New Ford Fiesta juga akan tersedia dengan mesin EcoBoost 1.0L. Mesin itu telah mendapatkan gelar International Engine of The Year selama dua tahun berturut-turut.

Selain New Ford Fiesta, Ford juga mempunyai kendaraan lain, yaitu SUV compact all-new Ford EcoSport. Bagus mengatakan, "EcoSport akan diluncurkan awal tahun 2014." Mobil kecil ini menawarkan fleksibilitas, kelapangan, dan kelincahan sebuah SUV.

ecosport ford

Daihatsu pun tak ketinggalan memperkenalkan mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Perusahaan telah meluncurkan Daihatsu Ayla baru-baru ini yang harganya mulai dari Rp 76 jutaan. Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, menuturkan, mesin yang dipasang di Ayla ramah lingkungan. Bisa dilihat dari penggunaan bahan bakar yang disarankan yakni yang beroktan tinggi, sesuai yang ditentukan pemerintah. "Kami anjurkan untuk optimalnya pakai bahan bakar RON 92 ," ujar Amelia sembari mencontohkan bahan bakarnya seperti Pertamax. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)