Marketing Trends

Rasantara Buka Peluang UMKM Mamin Kemasan Berbisnis Online

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak yang sangat besar pada sektor bisnis makanan dan minuman (mamin) pada msaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dampaknya berupa penurunan pembelian secara drastis hingga terpaksa tutup total. Hal ini sebagai akibat dari turunnya daya beli masyarakat karena maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pemotongan gaji karyawan, serta penerapan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah.

Pandemi ini juga mengubah perilaku belanja masyarakat menjadi semakin banyak memanfaatkan layanan daring untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi kontak secara fisik secara langsung, hal ini terbukti dari hasil riset kantar pada februari 2020 yang menunjukan peningkatan aktivitas belanja daring sebesar 32 persen. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus merespons dampak perubahan tersebut dengan tepat agar usahanya dapat bertahan saat pandemi Covid-19 ini.

Merespons kondisi tersebut, Kementerian Koperasi RI (Kemenkop RI) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan event yang bertujuan meningkatkan penjualan para produsen, pengusaha, dan penjual produk mamin di Indonesia. Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor makanan dan minuman kemasan ikut ambil bagian dalam acara ini. Jumlah UMKM ini merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang terdaftar di Kemenkop.

“Saya yakin UMKM makanan dan minuman akan tetap survive di tengah pandemi. Hanya saja mereka harus cepat beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen saat ini. Lewat penjualan daring, saya yakin bisnis UMKM makanan dan minuman tetap dicari. Itu juga yang menjadi tujuan acara ini, yaitu membantu para pengusaha, dan brand-brand makanan dan minuman lokal meningkatkan penjualan daring-nya,” ujar Ibu Victoria Br. Simanungkalit, Deputi bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM.

Acara yang diberi titel Rasantara (diambil dari gabungan kata Rasa dan Nusantara) ini, merupakan event Festival Belanja Online yang akan digelar mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan 9 November 2020. Selain akan menjadi ajang belanja online, perhelatan ini juga mengangkat berbagai macam sesi live streaming berupa Ngobrol bersama narasumber yang terdiri dari pakar, dan pelaku UMKM mamin kemasan.

Untuk menambah maraknya acara, pada Festival Belanja Online Rasantara akan digelar juga sesi live streaming Ngobral yang menjadi momen belanja dengan potongan harga atau gratis ongkir. Para pengunjung dapat mengikuti live streaming Festival Belanja Online Rasantara yang akan hadir selama empat hari, yakni tanggal 29 Oktober sampai dengan 1 November 2020.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved