Marketing Strategy

Cara McDonald's Apresiasi Pelanggan di HUT ke-25

Cara McDonald's Apresiasi Pelanggan di HUT ke-25

Mungkin banyak cerita yang bisa diungkap konsumen Indonesia tentang pengalamannya makan di resto cepat saji McDonald’s Indonesia. Merek ini sudah hadir di Indonesia selama 25 tahun. Pada tanggal 14 Februari nanti resto cepat saji asal Amerika ini merayakan ultah peraknya. Kini di bawah Grup Resko resto ini makin berkibar dengan 160 cabang di seluruh Indonesia.

McDonald’s Indonesia bersama grup bisnis ini terus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Mulai dari menu hingga fasilitas di dalamnya. “Pada ultah kami ke 25 ini, kami ingin memberikan apresiasi kepada konsumen setia McDonald’s, yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup bukan sekadar makan,” ujar Michael Hartono, Direktur Pemasaran dan Komunikasi McDonald’s Indonesia. Kecintaan konsumen pada resto ini menurut Michael yang membuat resto ini terus tumbuh hingga saat ini.

mcdultah

McDonald’s Indonesia pertama dibuka di Sarinah pada tahun 1991. Sebelum diambil alih Grup Rekso jaringan resto ini di bawah PT Bina Nusa Rama (BNR). Pada Juni 2009 jaringan ini diambil alih oleh grup yang terkenal dengan minuman dalam kemasan dengan merek Teh Botol Sosro. Gerai Sarinah yang menjadi ikon gerai ini sempat ditutup dan berganti menjadi ToniJack’s. Tapi beruntung pada ultah ke-20 tahun 2011, Grup Rekso kembali membuka gerai McDonald’s di Sarinah. “Saat itu momen sangat ditunggu-tunggu, dan bisa dibilang itu perayaan ultah McDonald’s di Indonesia pertama yang besar dibawah Grup Rekso. Kami mengadakan seoeda malam karena saat itu sepeda lagi tren,” kenangnya.

Di bawah Grup Rekso, menu makanan disesuaikan dengan tren dan kebutuhan masyarakat. Seperti kini konsumen makin tinggi aktifitasnya, layanan antar pun makin beragam bisa melalui call 14045 atau melalui website. “Kami bahkan sedang siapkan aplikasi di mobile application agar konsumen lebih mudah order untuk delivery,” tutur Michael. Menu pun makin beragam. Belum lama ini ada menu baru yang sebelumnya tidak ada seperti McSpicy dan Fish Fillet Burger. Inovasi dissert pun makin banyak. “Kami yang pertama mengeluarkan menu breakfast,” tuturnya.

Dalam bertransaksi pun konsumen makin dimudahkan. Makin berkembangkan cashless society mendorong McDonald’s juga menyediakan cara bayar yang lebih praktis. “Sebelum bersama Rekso, bayar harus cash, kini konsumen bisa bayar dengan kartu debit, kartu kredit, serta electronic money lainnya,” jelasnya.

Agar membuat konsumen makin dekat dengan McDonald’s Indonesia, dalam perayaan ulang tahun ke-25 ini, McDonald’s Indonesia memfokuskan diri pada program-program yang memberi apresiasi kepada konsumen, sebagai tanda terima kasih kepada konsumen yang telah setia bersama McDonald’s. Selain itu, McDonald’s juga ingin mengajak konsumen untuk mengingat kembali momen-momen bersejarah bersama McDonald’s.

Program 25 Tahun McDonald’s Indonesia ini dimulai dengan membawa kembali jingle Iklan “Mana Lagi Selain di McD” yang sempat sangat terkenal di era tahun 90an. Jingle yang fenomenal itu diaransemen ulang dan dinyanyikan oleh Maliq & D’Essentials dan telah mulai diputar di berbagai stasiun radio serta di semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia pada tanggal 9 Februari 2016.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada konsumen, pada tanggal 14 Februari 2016 McDonald’s akan “mentraktir” konsumen yang beruntung. Secara acak, manajemen dan kru restoran memilih 25 konsumen beruntung yang sedang memesan produk di counter untuk diberi tantangan. Tantangannya adalah menyanyikan jingle iklan “Mana Lagi Selain di McD”. Konsumen yang bersedia melakukan tantangan akan diberikan gratis menu McDonald’s yang sudah dipesannya. Program ini berlaku di semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia, dan hanya berlangsung selama 3 jam, yaitu dari pukul 14.00 -17.00 (2 – 5 sore) waktu setempat, hanya untuk konsumen yang makan di tempat (dine-in).

Sebagai puncak dari rangkaian acara 25 Tahun McDonald’s Indonesia di bulan Februari, akan diadakan parade dengan tema Bring Back Lovin’ Memories pada tgl 28 Februari 2016 di acara Car Free Day. Acara ini akan dipusatkan di Sarinah Thamrin. Acara ini juga bermaksud mengajak konsumen mengenang kembali 25 tahun bersama McDonald’s Indonesia. Parade akan mengambil rute Sarinah – Bundaran HI – Sarinah dan akan diramaikan oleh marching band, street act dancer, sepeda hias, Ronald & friends, serta komunitas CFD seperti low rider bike, BMX free style, skateboard, dan sepeda ontel. Selain pawai, juga akan diadakan acara di pelataran parkir Sarinah yang puncaknya akan diramaikan dengan 1 jam penampilan dari Maliq & D’Essentials. Selain parade, juga akan ada booth Lovin’ Time Tunnel yang mengajak konsumen untuk kilas balik kenangan di McDonald’s. Di dalam booth tersebut akan ada galeri foto-foto perjalanan McDonald’s selama 25 tahun dan wahana yang menarik.

Untuk merayakan 25 tahun McDonald’s Indonesia ini, sebuah microsite dibuat khusus dan dapat diakses mulai Januari hingga Desember 2016. Sepanjang tahun 2016, pengunjung microsite dapat mengunggah foto, video atau cerita tentang kenangan yang dialaminya bersama McDonald’s di www.25tahun.mcdonalds.co.id.

Masih dalam rangka memberikan apresiasi kepada konsumen dan mengajak konsumen mengenang kembali momen-momen berharga bersama McDonald’s, McDonald’s mengadakan kompetisi Berbagi Cerita #25tahunMcD. Kompetisi ini mengajak konsumen untuk berpartisipasi dan berbagi cerita kenangan yang dialaminya di McDonald’s dengan cara mengunggah cerita atau foto ke microsite www.25tahun.mcdonalds.co.id.

Cerita tersebut tentu saja harus menceritakan momen kenangan konsumen di restoran McDonald’s demikian pula foto yang diunggah juga harus berlokasi di restoran McDonald’s. Sebanyak 26 orang peserta kompetisi akan dipilih sebagai pemenang, dengan satu cerita yang paling menarik akan menjadi inspirasi klip video McDonald’s dan 5 cerita menarik lainnya akan menjadi inspirasi jingle McDonald’s yang akan dibuat dan dinyanyikan oleh Maliq & D’Essentials, sementara 20 pemenang hiburan akan mendapatkan gift voucher dari McDonald’s Kompetisi berlangsung mulai 1 Januari hingga 30 April 2016 dan pemenang akan diumumkan pada 11 Mei 2016.

“Semua program ini merupakan rasa syukur dan terima kasih McDonald’s terhadap dukungan, kepercayaan dan kesetiaan konsumen terhadap McDonald’s. Sebagai apresiasi terhadap konsumen, McDonald’s juga senantiasa meningkatkan pelayanan dan kualitas, termasuk juga menghadirkan menu-menu baru untuk memenuhi keinginan konsumen dan terus menambah jumlah restoran agar kami semakin dekat dengan konsumen,” ujar Michael lagi.

Saat ini, McDonald’s telah memiliki 168 restoran di 32 kota di seluruh Indonesia, dan masih akan terus mengembangkan layanan dengan membuka gerai-gerai baru di berbagai wilayah di Indonesia. Sebelum diakusisi Grup Rekso hanya ada 90an gerai McDonald’s pada 2009. Tiap tahun Grup Rekso menambah 10-20 resto di seluruh Indonesia. Tahun 2015 lalu, grup ini telah membuka 15 gerai baru McDonald’s Indonesia. Dari 168 gerai ada 60an Drive Thru yang disediakan untuk konsumen yang membutuhkan layanan cepat. Ini pertumbuhan yang sangat cepat, karena ketika sebelum bersama Grup Rekso, McDonald’s Indonesia hanya memiliki 2 Drive Tru stations. “Drive Thru ini banyak di Jabodetabek yang memang hectic kondisi masyarakatnya,” imbuh Michael.

Bagi McDonald’s, pembukaan gerai baru adalah juga bukti komitmen untuk memberikan kontribusi kepada daerah. Dalam setiap pembukaan gerai baru, McDonald’s memiliki komitmen kuat untuk memberikan nilai tambah kepada kota tempat McDonald’s berdiri dan siapa pun yang terlibat di dalamnya. Selain menambah pajak pendapatan yang diberikan kepada daerah setempat, kehadiran gerai baru McDonald’s juga berarti membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat setempat, karena sebagian besar kru yang bekerja di McDonald’s berasal dari putra daerah setempat.

McDonald’s juga terus mempertahankan kualitas produk yang disajikan kepada konsumen, dan senantiasa melakukan inovasi produk dengan menghadirkan menu-menu baru, baik yang bersifat sementara (limited time offer) maupun permanen. Tak hanya itu, sejak beroperasi pada 1991, McDonald’s telah memberikan kontribusi besar terhadap industri makanan di Indonesia. Sebagian besar bahan baku yang dibutuhkan restoran McDonald’s saat ini berasal dari lokal Indonesia dengan standar pengawasan kualitas yang ketat. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved