Ritel Pesimistis iPhone Kuasai Pasar Ponsel Indonesia

iPhone 5 barangkali merupakan ponsel yang paling dinanti sepanjang tahun 2012. Pada 21 September nanti ponsel besutan Apple Inc. ini bisa diperoleh. Untuk pasar Asia Tenggara, iPhone 5 baru tersedia di Singapura. Meski banyak dicari, penetrasi pasar iPhone di Indonesia masih sangat kecil, tak kurang dari 1%.

"Selama ini iPhone berada di pucuk piramida pasar ponsel Indonesia. Harganya mahal, yang beli tidak banyak," ungkap Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing dan Komunikasi Erajaya Group. Djatmiko menganalogikan iPhone dan smartphone lain seperti mobil mewah Lexus dengan Fortuner. Semakin terjangkau harga yang dibanderol, pangsa pasarnya pun semakin besar.

"Dibandingkan smartphone lain, market share iPhone sangat kecil, tidak sampai 1%," kata Andreas Thamrin, Direktur Global Teleshop.

Djatmiko menambahkan, "Untuk yang sama sekali belum pernah pakai iPhone, tentu akan pikir panjang untuk membeli iPhone 5." Ia memprediksi harga iPhone 5 setelah masuk pasar Indonesia sekitar Rp 10 juta. Dengan masuknya versi terbaru tersebut tentu akan menekan harga iPhone 4.

"Kalau iPhone 3GS agak sulit turun lagi. Dia sudah di level balance dengan Rp 2,99 juta," lanjut Djatmiko. Dalam konferensi pers di San Fransisco, Apple pun mengumumkan rencananya untuk berhenti memproduksi iPhone 3GS. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)