Rolex Deepsea Membidik Segmen Penyelam

Perusahaan jam tangan berskala internasional, Rolex baru saja mengeluarkan produk terbarunya yakni Rolex Deepsea. Jam tangan ini dilengkapi dengan fitur “D-Blue Dial” yang menampilkan rona biru cerah dengan gradasi hitam, sehingga sangat tepat untuk digunakan para penyelam hingga kedalaman 35,000 kaki di bawah permukaan laut.

Rolex-sea-dweller-deepsea-blue-dial-watches

Selain itu fitur “D-Blue” yang mengacu pada standard Rolex Sea-Dweller Deepsea 116660 juga dapat memberikan resistensi terhadap tekanan air pada tingkat kedalaman tersebut.

Dalam launching yang digelar pada tanggal 4 Agustus 2014 di, American Museum of Natural History, New York, Rolex menggandeng produser sekaligus sutradara ternama asal Kanada, James Cameron, yang juga memiliki hobi menyelam sebagai duta produk Rolex Deepsea.

Launching Rolex Deepsea juga dibarengi dengan pemutaran film dokumenter karya James Cameron, Ocean Life. Didukung juga oleh National Geographic, film dokumenter tersebut menggambarkan bagaimana performa Rolex Deepsea ketika dikenakan oleh James Cameron saat melakukan penyelaman secara heroik di Mariana Trench, memperlihatkan bagaimana performa jam tangan tersebut meskipun berada pada kedalaman hingga puluhan ribu kaki tetap menunjukkan kelasnya.

“Dalam kedalaman puluhan ribu kaki bisa dilihat bagaimana Rolex Deepsea masih memberikan rona terang, dalam hal ini biru kehitaman walaupun minim cahaya matahari. Selain itu ketahanan akan tekanan air pada dan tingkat waterproofnya pada kedalaman tersebut membuat Rolex Deepsea menciptakan standar baru untuk tingkat ketahanan, presisi, fungsional dan reliabilitas,” tukas Jean-Federic Dufour, CEO Rolex, dikutip dari forbes.com.

Lebih lanjut lagi, Dufour menjelaskan alasan pemilihan warna biru – kehitaman adalah agar terjadi kontras antara angka jam dan jarum penunjuk waktu terhadap citra sekitar dimana matahari tidak dapat menjangkaunya, karena berada pada palung laut.

Sementara itu menurut James Cameron, aktor yang terjun langsung kedalam laut dengan mengenakan Rolex Deepsea, mengaku, puas akan performa jam tangan tersebut. “Rolex Deepsea memberikan tantangan kepadaku untuk merasakan langsung performanya. Dan memang benar, pada kedalaman 10 ribu lebih di bawah permukaan laut, jam tersebut bekerja secara semestinya di lenganku,” ujarnya.

Rolex Deepsea selain juga bekerja sama dengan James Cameron, memiliki koneksi dengan Trieste dan Deepsea Challenger. Dengan Trieste yang merupakan lembaga research bawah laut Italia yang menggunakan Bathyscaphe (kapal selam) untuk mempelajari ekosistem bawah laut, para crew menggunakan Rolex Deepsea sebagai penunjuk waktu karena mampu bekerja dengan baik pada kedalaman hingga puluhan ribu kaki dibawah permukaan laut.

Sementara itu, dengan Deepsea Challenger seluruh dunia, layaknya James Cameron, Rolex Deepsea sangat direkomendasikan karena mampu memberikan performa luar biasa ketika berhadapan langsung dengan tekanan air, bahkan pada kedalaman hingga 11 kilometer dibawah permukaan laut, yang diketahui memiliki tekanan air paling tinggi di planet bumi.

“Keduanya bekerja secara sempurna, sehingga mengilustrasikan bagaimana Rolex Deepsea memperlihatkan kelasnya terhadap tantangan akan ketahanan air”, tambah Mr. Dufour.

Sebelumnya Rolex telah mengeluarkan beberapa varian yang juga memiliki nilai fungsional terhadap ketahanan waterproof, yakni antara lain The Oyster pada tahun 1926 yang dikenal sebagai jamtangan anti air pertama di dunia, The Oyster Perpetual Submarine pada tahun 1953, Sea-dweller pada tahun 1967, dan yang terbaru Rolex Deepsea dengan fitur “D-Blue Dial” nya di tahun 2014.

Dengan diluncurkannya Rolex Deepsea yang spesifikasinya banyak berasal dari pengembangan jam anti air Rolex sebelumnya, menandakan bahwa Rolex merupakan perusahaan yang tidak hanya kaya akan inovasi, yang ditandai dengan komitmennya dalam eksplorasi tren terbaru melainkan juga menjadi support bagi manusia – manusia yang ingin menembus batas. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)