Rosan-Maxi Berebut Kursi Ketua Kadin

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menggelar musyawarah nasional (munas) pada 22 November 2015 di Bandung. Salah satu agenda penting dalam munas tersebut adalah memilih ketua baru.

Ketua Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan, sampai saat ini, baru dua nama yang mendaftarkan diri untuk memperebutkan kursi pucuk pemimpin Kadin. "Sejauh ini, setahu saya, baru ada dua nama, Pak Rosan (Rosan Roeslani) dan Pak Maxi (Maxi Gunawan)," kata Suryo saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2015.

Dua calon tersebut, kata Suryo, sudah menemuinya untuk menyampaikan minat mereka mencalonkan diri sebagai ketua umum. "Yang lain belum ada, tapi kami akan tunggu sampai munas, 22 November nanti, di Bandung," ujarnya.

Suryo berharap pemilihan ketua umum ini bisa menjadi langkah regenerasi kepemimpinan Kadin. Sebab, dia tidak akan mencalonkan diri lagi. "Harus regenerasi, saya kan senior, harus ada penggantinya," tuturnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P. Roeslani (Foto: IST) Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P. Roeslani (Foto: IST)

Rosan Roeslani, yang merupakan komisaris di beberapa perusahaan, seperti PT Visi Media Asia Tbk, Saratoga Investama Sedaya, dan Mahaka Media, juga didukung pengurus Kadin wilayah Indonesia timur. Annar Salahuddin Sampetoding, Wakil Ketua Umum Kadin Wilayah Timur, mengatakan dukungan terhadap Rosan didorong PT Palapa Nusantara Berdikari.

Dalam bursa pencalonan Ketua Umum Kadin, Rosan akan bersaing dengan Maxi Gunawan. Maxi, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem, telah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon Ketua Umum Kadin di Pasar Induk Caringin Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Maxi pernah memegang jabatan sebagai komisaris dan senior eksekutif di PT Bank Nusa International dan PT Bank Nasional. Bukan cuma itu, ia juga pernah menjadi anggota direksi di Mindo Petroleum Co Ltd (HK), Mindo Komoditi Trading Co Ltd (HK), dan Permindo Oil Trading Co Ltd (HK).

Saat ini Maxi menjabat ketua dan pemegang saham di perusahaan media dan penerbitan, hotel, perusahaan pertanian, jasa, energi, dan perdagangan komoditas. Pada industri makanan dan minuman, ia adalah wakil ketua di PT Trans Ice, Transcorp Group.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)