RS Premier Jatinegara, Galakkan Media Komunikasi Pasien Melalu Gathering

Untuk menciptakan media komunikasi yang interaktif antara para pasien dan orang-orang di sekelilingnya, RS Premier Jatinegara, afiliasi Ramsay Healthcare Indonesia, aktif menggelargathering pasien. “Ini sesuai dengan semboyan RS Premier Jatinegara, “people caring for people.”Salah satunya seminar tentang stroke. Tidak sedikit pasien stroke dan bahkan keluarganya yang mempunyai kesalahan informasi mengenai pencegahan dan penanganan stroke,” kata Dr.Sukono Djojoatmodjo, SpS, spesialis saraf yang juga Direktur RS Premier Jatinegara.

Dijelaskan Sukono , stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak tiba-tiba terganggu. Kurangnya aliran darah ke dalam jaringan otak menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi saraf yang dikendalikan oleh jaringan itu.

Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandaidengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karenaberkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Hal ini terjadi karena adanya sumbatan,penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.

Ironisnya, strokeadalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Walaupun dapat diselamatkan, banyak pasien stroke yang mengalami kelumpuhan anggota badan, kehilangan sebagian atau semua ingatannya, penurunan kesadaran, maupun kehilangan kemampuan untuk berbicara.

Sukono menjelaskan, banyak kondisi yang dapat menyebabkan stroke, seperti pengerasan arteri atau lebih dikenal dengan arteriosklerosis. Pemicunya antara lain adalah stress, pola makan tinggi lemak, dan kurang berolahraga. Namun sebenarnya ketiga faktor tersebut tergolong risiko yang dapat dikendalikan.

RS Premier Jatinegara menyadari bahwa selain kualitas tenaga medis dan peralatan medis yang dimilikinya, dukungan semangat dan suasana positif seperti yang ada pada gathering dapat membantu proses penyembuhan pasien stroke. Gathering ini sendiri diharapkan dapat menjadi ajang bagi para pasien dan keluarganya untuk berbagi pengalaman dan menguatkan satu sama lain.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)