RSPO Terbitkan Pedoman Belanja Produk Minyak Sawit Berkelanjutan

Guna mendukung penggunaan produk minyak sawit yang berkelanjutan, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), sebuah organisasi multi-stakeholder internasional yang mendukung minyak sawit berkelanjutan bersertifikat atau certified sustainable palm oil (CSPO), baru saja meluncurkan Trademark Consumer Guide atau pedoman berbelanja yang mencantumkan daftar brand yang menggunakan CSPO.

Diluncurkannya pedoman berbelanja produk yang mengandung minyak sawit ini, dimaksudkan agar memasuki tahun 2013 mendatang, usaha untuk menjaga kelestarian hutan, satwa liar, serta menjaga kesejahteraan masyarakat dan para pekerja, dapat tetap terjaga. Hal ini merupakan langkah penting dalam menjaga kelestarian lingkungan pada berjalannya industri minyak sawit dunia.

”Mendukung berbagai macam brand yang menggunakan merek dagang RSPO merupakan hal yang penting karena dapat mengajak organisasi lainnya untuk terus mempromosikan minyak sawit berkelanjutan. Kami terus mendorong berbagai perusahaan di dunia untuk terus menekankan pentingnya merek dagang RSPO diadopsi secepatnya, guna meningkatkan kesadaran konsumen dalam mengambil keputusan yang bijak dan bertanggung jawab dalam membeli sebuah produk,” ujar Sekretaris Jenderal RSPO, Darrel Webber.

Pedoman berbelanja ini, mencantumkan berbagai tipe produk dan di negara mana produk-produk tersebut dipasarkan. Pedoman ini  sendiri dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang dapat dibawa setiap saat oleh para konsumen sehingga mereka dapat memilih produk secara bijak dan bertanggungjawab.

Pada pedoman berbelanja tersebut, nantinya akan terus diperbarui secara berkala. Pedoman ini juga mencantumkan 9 kategori produk yang terdiri dari biskuit, roti atau kue, lilin, sereal, minyak goreng, berondong jagung, makanan ringan, sabun dan selai yang berasal dari 19 brand, antara lain Body Shop, Carrefour, L’Occitane, Mark & Spencer dan Walmart.

Merek dagang RSPO ini sendiri sudah digunakan di pasaran selama satu tahun. Merek  yang diluncurkan sejak Juni 2011 itu adalah merek dagang global yang menyimbolisasi produk-produk yang berkomitmen terhadap CSPO RSPO. Negara-negara yang memiliki peran penting di pasar industri minyak sawit dunia seperti Belanda, Belgia dan Inggris dengan tegas menyatakan komitmen mereka untuk menggunakan 100% CSPO RSPO, yang kemudian diikuti oleh negara-negara lainnya.

Pedoman berbelanja ini sendiri dapat diunduh diakses oleh para konsumen secara online melalui situs resmi RSPO. Selain itu, konsumen juga dapat mengakses pedoman berbelanja ini melalui perangkat mobile. Selain itu, pedoman ini nantinya dapat di cetak para konsumen untuk kemudian akan lebih mempermudah konsumen untuk membawanya ketika sedang berbelanja. Dengan diluncurkannya pedoman berbelanja ini, diharapkan para konsumen akan lebih bijaksana dan lebih mendukung produk-produk minyak sawit yang berkelanjutan. (EVA)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)