Semester I 2013, Penjualan Mobil Honda Naik 190%

Pada semester pertama 2013, Honda mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 190% dibanding periode yang sama di tahun lalu, yaitu dari 26.018 unit di semester I tahun lalu menjadi 49.342 unit di semester I tahun 2013 ini.  Pertumbuhan penjualan yang dicapai Honda tersebut merupakan yang tertinggi dibanding lima besar merek otomotif lain di Indonesia, serta melampaui pertumbuhan rata-rata industri, yaitu sebesar 112%.

Selain mencatat pertumbuhan angka penjualan, pangsa pasar Honda juga meningkat dari 4,9% di semester pertama tahun lalu menjadi 8,2% pada semester pertama tahun ini. Peningkatan ini berhasil dicapai berkat penjualan bulanan Honda yang cukup tinggi dan stabil selama 6 bulan pertama di tahun ini.

“Penjualan semester I  tahun 2013 juga merupakan rekor karena penjualan 6 bulan pertama yang tertinggi  sepanjang sejarah Honda di Indonesia,” kata Jonfis Fandy, Direktur Marketing & After Sales Service PT Honda Prospec Motor.

HondaPuasa

Penjualan per model Honda juga menunjukkan hasil yang cukup baik pada semester pertama di tahun 2013, dimana hampir seluruh produk Honda meraih peningkatan penjualan maupun pangsa pasar di kelasnya dibanding periode yang sama di tahun lalu. Bahkan, produk seperti City, Civic, CR-Z, Jazz dan CR-V berhasil menjadi market leader di kelasnya masing-masing.

Penyumbang penjualan terbesar untuk Honda di semester pertama adalah  Honda Jazz, dengan penjualan sebanyak 16.056 unit dan pangsa pasar sebesar 41%  di segmen hatchback. Honda Jazz juga menjadi penyokong penjualan terbesar pada bulan Juni lalu yaitu menyumbang sebesar 2.510 unit.

Setelah Jazz, Honda Freed menyumbangkan angka penjualan 9.737 unit sepanjang semester pertama 2013, dengan pangsa pasar sebesar 15%. Di bulan Juni sendiri, sebanyak 2.196 unit Honda Freed terjual di Indonesia. Sementara itu, MPV premium Honda yaitu All New Honda Odyssey berhasil terjual sebanyak 39 unit pada bulan Juni 2013, meningkat dibanding bulan Mei yang terjual 19 unit. Hingga saat ini, Honda Odyssey telah terjual sebanyak 156 unit di tahun ini.

Sketsa Honda LMPV Concept

Untuk pertama kalinya di dunia, Honda memperlihatkan sketsa resmi dari model Honda LMPV Concept di Jakarta. Model ini sendiri akan tampil untuk pertama kalinya di dunia pada ajang Indonesia International Motor Show 2013, yang akan berlangsung pada 19 – 29 September 2013 di Jakarta.

HondaSketsa

Honda LMPV Concept merupakan model pertama yang dirancang Honda khusus untuk pasar Indonesia. Honda LMPV Concept juga akan menjadi produk pertama Honda di Indonesia yang berada di kelas LMPV, yang merupakan segmentasi terbesar di pasar otomotif di Indonesia dan terdiri dari model-model entry-level MPV. Selain menawarkan kapasitas 7 tempat duduk dalam konfigurasi tiga baris bangku, model ini juga akan menghadirkan desain inovatif, kesenangan berkendara, kabin yang lapang, serta standar keselamatan tinggi yang menjadi ciri khas dari setiap produk Honda. Honda LMPV juga akan didukung oleh mesin 1.5 liter, yang menawarkan performa sporty sekaligus hemat bahan bakar.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, mengatakan, Honda LMPV Concept akan menjadi produk istimewa bagi Honda di Indonesia karena secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia. Honda LMPV Concept juga akan diproduksi di Indonesia, dan menjadi produk pertama dari pabrik baru Honda di Karawang yangdirencanakan untuk mulai beroperasi pada awal 2014.

Sementara itu, Jonfis mengungkapkan, “Konsumen di Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi yang pertama kali di dunia melihat secara langsung Honda LMPV Concept saat pergelaran Indonesia International Motor Show mulai tanggal 19 September 2013 nanti. Kami percaya model ini akan menjadi pilihan baru yang dapat bersaing dengan model di kelasnya.” (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)