Sepatu Elle Paris Tenyata Diproduksi di Indonesia

Jessica Lays, GM PT Saga Machie, Pemegang Lisensi ELLE Paris Shoes Jessica Lays, GM PT Saga Machie, Pemegang Lisensi Elle Paris Shoes

Sepatu Elle Paris yang sudah ada sejak 1945 dan dikenal modelnya klasik dan everlasting itu, ternyata untuk pasar Indonesia dan ASEAN itu buatan dari pabriknya di Tangerang, Banten. Ini diketahui saat Jessica Lays, GM PT Saga Machie, pemegang lisensi merek sepatu ini di Indonesia membeberkan informasinya ke media. Generasi kedua dari Aulia Singgih, pendiri perusahaan ini saat memamerkan koleksi sepatu Elle Paris untuk fall & winter saat berbuka bersama  di kantornya  Jalan H. Agus Salim.

Selain Elle Paris perusahaan ini juga memproduksi sepatu merek Andre Valentino, Andre Comfort, Winston Sminth, Studio Nine, dan Gunze. Semua merek itu berada dibawah Grup Sunshine Lays Pte.Ltd. “Perusahaan ini memang didirikan oleh orang tua saya tahun 90-an di Singapura, merek yang dikenal dari kami adalah Andre Valentino. Sekarang saya sebagai generasi kedua dipercaya melakukan refreshment di perusahaan ini,” tutur lulusan University of California, Berkeley.

Jessica menyampaikan koleksi Elle shoes untuk musim gugur kali ini lebih menyasar young generation,  karenat dua tahun terakhir pasar Indonesia sangat kuat di pasar mobile generation yang didominasi Gen Y dan Gen Milenial.

“Kami lakukan refreshment brand Elle shoes dengan model yang lebih muda. Kami dulu dikenal dengan wadges dan high heels, koleksi Fall & Winter kali ini kami perkenalkan koleksi kasual dan sneakers slip on,” kata kelahiran 1988 ini.

Lebih jauh dipaparkan Jessica, sneakers slip-on Elle Paris menggunakan tekstur renda, nude, kulit ular dan zebra. Berbeda dengan model slip-on sepatu umumnya, sepatu ini selalu dibuat dengan bahan dalaman kulit yang nyaman digunakan.

Menurutnya, koleksi Fall & Winter juga masih diwarnai gaya yang seksi yang menjadi ciri khas sepatu Elle Paris, pump dengan tali yang melingkari mata kaki yang akan banyak ditemui di koleksi terbaru mulai September hingga Desember 2016.

“Kami melihat tren yang sedang melanda pecinta mode adalah pump dan sandal Safara leaopard print, selain sandal kulit dengan warna silver dan gold,” tutur Jessica. Namun aneka model untuk wedge heels musim panas masih akan banyak digunakan dengan bahan dari kulit phyton asli dan kulit biawak yang eksotis. Dan untuk melengkapi koleksi pesta dan acara malam hari, sepatu Elle koleksi musim gugur menampilkan stiletto mengkilat, berkelip tetap nyaman meski dengan heels hingga 14 cm.

Disampaikannya, seluruh koleksi Elle itu diproduksi oleh 250 karyawan di pabrik perusahaannya di Tangerang, Banten. Jessica yang pernah belajar desain sepatu di Italia itu, menuturkan koleksi-koleksi tersebut adalah hasil desain dirinya dan tim di Indonesia.

“Kami mengajukan desain ke Paris, setelah disetujui barulah kami produksi, sekitar 95 persen desain yang kami ajukan disetujui Elle Paris,” ungkapnya. Menurutnya, setiap desain merupakan hasil riset produk dan pasar yang mendalam, agar sesuai dengan gambaran style pasar Indonesia karena gaya Paris tidak bisa dipaksakan di Indonesia yang tentu saja memiliki selera sendiri. Contohnya model sneaker slip-on sebenarnya sudah hits di dunia sejak 2 tahun lalu, tapi di sini baru naik tahun ini.

“Semua sepatu yang kami produksi, saya coba sendiri selama seharian, jadi kami tahu setiap produk yang kami hasilkan setiap model baru dikeluarkan nyaman digunakan,” imbuhnya.

Seluruh bahan diimpor untuk menjamin kualitas produk yang dihasilkan. Jessica tidak berkenan menyebut angka penjualan sepatu Elle di Indonesia, ia hanya menyebut setiap tahun penjualannya tumbuh, terutama saat pihaknya mulai menggunakan digital marketing sebagai bagian dari strategi marketing dan promosi mereka.

“Pasar muda saat ini ada di media sosial, maka itu strategi digital sedang terus kami kembangkan saat ini,” katanya. Untuk saat ini pihaknya belum membangun ecommerce sendiri, salah satunya Zalora untuk penjualan online. Jessica menyebut sejak tahun lalu dijual di Zalora, dari penjualan online tersebut penjualannya naik 5 persen. Tahun ini pihaknya sedang mempersiapak butik sepatu Elle di Jakarta, sebelum akhir tahun ini rencananya butik ini akan diresmikan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)