Seragam Tematik Akan Hiasi Penerbangan Garuda Indonesia

Peluncuran seragam tematik Garuda  Indonesia rancangan Didiet  Maulana di The Tribata,  Jakarta Selatan
Peluncuran seragam tematik Garuda Indonesia rancangan Didiet Maulana di The Tribata Jakarta Selatan (Liputan6.com/Novi Thedora)

Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan seragam tematik teranyar untuk awak kabinnya pada Senin, 14 Oktober 2019. Kostum baru dengan bahan tenun ikat tersebut merupakan hasil kolaborasi Garuda Indonesia dan desainer kondang, Didiet Maulana.

"Kostum baru yang dirancang Didiet mengangkat tenun Nusantara. Dia adalah desainer yang memperhatikan pengusaha UMKM. Maka, kami tertarik untuk kerja sama," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Akshara dalam konferensi pers di The Tribata, Dharmawangsa, Senin.

Kostum pramugari rancangan Didiet mengangkat desain potongan kebaya Kartini. Beberapa bagian dalam kebaya itu memiliki kelir tenun berwarna ungu berpadu dengan cokelat.

Didiet juga tampak mengaplikasikan kain tenun untuk sabuk. Keberadaan sabuk ini terinspirasi senteng yang umumnya digunakan para perempuan Bali. Adapun senteng merupakan bagian penting dalam pernik pakaian tradisional masyarakat Pulau Dewata.

Sementara itu, untuk pramugara, Didiet menyematkan tenun pada bagian saku dan leher. Keberadaan tenun tidak berlebihan sehingga memberi kesan elegan.

Ari mengatakan seragam tematik ini memperkenalkan pesona keragaman budaya Indonesia. Desain tersebut bakal dipromosikan Garuda Indonesia untuk penerbangan-penerbangan khusus.

"Seragam desain tematik ini akan dipakai awak kabin selama bulan Oktober dengan rute tertentu," ujarnya. Program ini sejalan dengan kebijakan Garuda Indonesia memberikan layanan bertajuk 'The New Flight Experience'.

Menurut Ari, program ini digelar setiap 3-4 bulan sekali. Sebelumnya, Garuda Indonesia telah meluncurkan seragam dengan desain vintage. Pada April-Mei lalu, Garuda merilis seragam awak kabin rancangan desainer Anne Avantie. Sedangkan pada kali ketiga, Ari mengatakan Garuda Indonesia telah melirik kerja sama dengan Didiet.

Berikut ini jadwal khusus penerbangan Garuda Indonesia yang akan dilayani oleh awak kabin berseragam tematik.

Jumat, 18 Oktober 2019
1. Jakarta - Yogyakarta (GA 212)
2. Yogyakarta - Jakarta (GA 213)
3. Jakarta - Surabaya (GA 310)
4. Surabaya - Jakarta (GA 315)

Minggu, 20 Oktober 2019
1. Jakarta - Denpasar (GA 410)
2. Denpasar - Jakarta (GA 417)
Denpasar - Jakarta (GA 415)
3. Jakarta - Denpasar (GA 424)
4. Makassar - Jakarta (GA 617)
5. Jakarta - Makassar (GA 616)

Penerbangan Garuda rute Jakarta-Denpasar akan dilayani menggunakan armada Airbus 330-200. Sedangkan rute lainnya akan dilayani menggunakan armada Boeing 737-800.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)