Setahun Dipasarkan, RS Bunda Jakarta Tangani 50 Bedah Robotic

Sebagai rumah sakit pelopor yang mengimplementasikan teknologi terkini Bedah Robotic (Robotic Surgery) di Indonesia sejak awal tahun 2012, RS Bunda Jakarta yang berada di bawah naungan Bundamedik Healthcare System berhasil menjalani proses Bedah Robotic yang ditandai dengan pencapaian 50 kasus pertama Bedah Robotic yang telah ditangani oleh tim dokter ARMIS (Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery) RS Bunda Jakarta.

Teknologi Bedah Robotic telah menjadi pilihan yang menarik bagi pasien dalam mempertimbangkan risiko pembedahan yang langsung ditawarkan kepada pasien di RS Bunda Jakarta. Berdasarkan pengalaman selama setahun aplikasi bedah robotik ini terbukti efektif, efisien dan menguntungkan bagi pasien karena dapat mengurangi besar luka, ketepatan dan akurasi dalam operasi yang lebih tinggi yang akhirnya memberikan hasil operasi yang optimal. Angka nyeri yang sangat rendah secara siginifikan sangat memberikan kemampuan pasien untuk kembali ke aktifitas jauh lebih cepat. Hal ini memberikan perubahan paradigma terhadap operasi yang menakutkan bagi pasien.

Selain itu, masih banyak keuntungan dari Bedah Robotic lainnya yang dapat dinikmati pasien antara lain dapat meminimalis cedera yang terjadi, memberikan kemudahan untuk memastikan adanya perdarahan, dapat mencakup daerah-daerah yang sulit terlihat dan meminimaliskan trauma paska operasi.

Di awal perjalanannya, meskipun belum banyak yang mengetahui keuntungan dari Bedah Robotic tersebut, namun dengan menerapkan strategi pengenalan dan pemahaman terhadap Bedah Robotic secara intensif kepada para pasien serta pelatihan terpadu kepada tim dokter ARMIS yang dilakukan oleh RS Bunda Jakarta akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan, dengan mulai tingginya kesadaran pasien bedah yang mempercayakan operasi bedahnya menggunakan Bedah Robotic sebagai alternatif.

Dalam kurun waktu kurang 1 tahun, RS Bunda Jakarta telah menangani 50 kasus pertama Bedah Robotic dari dalam dan luar negeri. Dr. Ivan R. Sini, SPOG, Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi, PT BundaMedik yang juga merupakan tim dokter ARMIS, mengatakan,” Memang tugas kami, para tenaga kesehatan dan kedokteran untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan jasa kesehatan dan kedokteran yang memberikan manfaat terbaik bagi para pasien.”

Lebih jauh Ivan mengakui bahwa meskipun teknologi Bedah Robotic belum dapat dipergunakan pada semua proses pembedahan, yang dikarenakan terkait dengan faktor biaya, namun teknologi Bedah Robotic terbukti efektif dan tepat dipergunakan pada kasus-kasus yang kompleks seperti operasi prostat dan saluran kemih, operasi rahim, kista, mioma dan kanker kandungan serta saluran cerna. Dikemudian hari dimungkinkan operasi lainnya seperti bedah jantung, bedah leher dan syaraf dapat dilakukan, seperti yang sudah dilakukan di luar negeri.

Adapun ke-50 kasus pertama Bedah Robotic yang telah sukses ditangani oleh tim dokter ARMIS RS Bunda Jakarta operasi prostat (2 kasus), operasi rahim dan kandungan (47 kasus) dan operasi saluran kemih & gastrointestinal (1 kasus). Ke depanm], RS Bunda Jakarta tertantang untuk menangani kasus-kasus komplek lainnya kanker usus, kanker thryoid, bedah jantung, bedah syaraf dan bedah anak.

Sebagai informasi untuk biaya Bedah Robotic yang ditawarkan RS Bunda Jakarta adalah sekitar Rp 80 – 100 juta yang lebih hemat dari biaya serupa di beberapa rumah sakit negara tetangga misalnya Singapura yang menawarkan biaya sekitar Rp 250 juta dan Malaysia yang menawarkan biaya sekitar Rp 150 juta. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)