Sharp Geber Penjualan Lemari Es

PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) bertekad meningkatkan penjualan lemari es. Hal itu sejalan dengan upaya perseroan menyiapkan pabrik baru dengan kapasitas produksi sampai 2,5 juta unit pertahun. “Kontribusi penjualan lemari es mencapai 35% terhadap total penjualan,” kata National & Sales General Manager SEID Andry Ady Utomo kepada SWA.

Perseroan memasang target untuk mencapai pertumbuhan penjualan hingga 115 persen di tahun ini, dengan tingkat produksi 1,5 juta unit untuk lemari es, 1 juta unit mesin cuci, 1 juta unit pendingin ruangan (AC), dan 1 juta panel televisi (TV). Sharp sendiri, kata Andry, memiliki market share sebesar 24-25 persen.

Penambahan target tersebut didukung oleh kapasitas produksi pabrik baru Sharp yang ada di kawasan Karawang, Jawa Barat, untuk merakit mesin cuci dan kulkas yang ditujukan untuk memenuhi 80 persen pasar dalam negeri dan 20 persen kebutuhan pasar ekspor.

kulkas-2-pintu-sharp

Perseroan juga telah menyiapkan sejumlah lini produk baru yang ditujukan untuk memperkuat dominasi perusahaan di pasar elektronik dan home appliances nasional, mulai dari kulkas, AC, dan mesin cuci, yang kebutuhannya kian meningkat.

“Sharp selalu memperhatikan tren pasar lewat survey-survey seperti data service (klaim pelanggan), data selling out (GfK) dan input konsumen (survey konsumen). Data GfK dipakai untuk benchmarking kompetitor mana yang kuat dalam produk yang akan dikembangkan. Benchmarking kompetitor dipakai untuk pengelolaan touch point daya saing, fitur produk, pengembangan merek,” katanya.

Perseroan mempertahankan posisinya sebagai merek elektronik terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk 13 tahun berturut-turut. Pada ajang Top Brand 2015, SEID sukses membawa pulang lima gelar untuk lima kategori sekaligus, yaitu Lemari Es, Air Conditioner (AC), Mesin Cuci, TV, dan Audio. Survei ini menggunakan tiga parameter merek, yaitu Top of Mind Share, Top of Market Share, dan Top of Commitment Share dengan melibat 6.975 responden di 11 kota besar.

Tak hanya TOP Brand 2015, Sharp juga berhasil meraih Net Promoter Customer Loyalty Award 2014 untuk kategori TV Set dan Lemari Es melalui metodologi riset Net Promoter Score (NPS), sebuah metodologi eksklusif dan terbaru yang dikembangkan oleh Satmetrix Systems Inc, Bain & Company & Reichheld.

Sharp juga sukses meraih Master Brand Award 2015 sebagai merek terbaik di timur Indonesia untuk kategori Lemari Es. Master Brand Award merupakan penghargaan tertinggi di bidang merek yang diberikan kepada merek-merek yang memperoleh kesan baik oleh masyarakat Kota Makassar.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)