Sharp, Strategi Multilini untuk Hadirkan Pengalaman Mengesankan

Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.
Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.

Air conditioner (AC) merek Sharp dalam Survei Indonesia Customer Experience Index (Master Customer Experience) 2020 meraih peringkat tertinggi. Sebuah temuan yang sesungguhnya tidak terlalu mengejutkan. Maklum, dilihat dari pangsa pasar di kategori produk AC, Sharp memang pemimpin pasar. Tahun 2020, pangsa pasarnya 28,6%.

Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, menjelaskan bahwa untuk bisa menghadirkan pengalaman mengesankan ke pelanggan, pihaknya menempuh strategi multilini. Mulai dari sisi produk, pelayanan saat pembelian, layanan pascajual, hingga akses informasi produk. “Bagaimana memahami karakter konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan Sharp Indonesia. Kami mendengarkan segala macam bentuk input dari masyarakat yang menjadi konsumen kami,” Shinji menjelaskan.

Dari sisi produk, Sharp memiliki keunikan yang membedakannya dengan merek AC lain. Misalnya, hemat energi, lalu punya teknologi Plasmacluster yang mampu memberikan ekstra perlindungan dari gangguan virus, bakteri, jamur, serta bau-bauan tidak sedap. Ion generator yang dibenamkan pada AC Sharp mampu memproduksi ion positif dan negatif yang bekerja membersihkan udara dan memberikan ekstra perlindungan kepada konsumen.

Ada juga fitur Jetstream yang mampu mendinginkan suhu ruangan menjadi 5°C hanya dalam waktu lima menit. Ada lagi fitur Best Sleep Mode yang dapat mengatur suhu ruangan pada saat konsumen tidur.

AC Sharp pun menghadirkan teknologi AioT, perpaduan antara artificial intelegence (AI) dan Internet of Things (IoT), yang memungkinkan pengguna memberikan perintah kepada AC dengan menggunakan gawai, bahkan ketika tidak berada di rumah. AC pintar ini juga mampu mengingat mode operasi yang digunakan, sehingga dapat merekomendasikan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

AC ini dapat pula memberikan informasi ke gawai mengenai keadaan udara di sekitar, seperti temperatur, kelembaban udara, hingga penggunaan listrik. “Sharp selalu membenamkan teknologi terbaru guna menunjang fitur-fitur pada produk yang disesuaikan dengan zaman,” Shinji menandaskan.

Untuk menghadirkan pengalaman mengesankan bagi pelanggan, sisi layanan pascajual juga dikembangkan. Sharp kini memiliki jaringan pascajual tersebar di seluruh Indonesia, yng antara lain mencakup 25 kantor cabang, tiga subcabang, 46 Sharp Direct Service Station, 275 Sharp Authorized Service Station, 46 Sharp Service Representative, dua Sharp Mobile Service Station, dan 106 Sharp Authorized Installer Contractor. “Kami juga memiliki hotline number dan nomor WA for Business yang akan membantu konsumen dalam mendapatkan jasa perbaikan produk hingga edukasi penggunaan dan perawatan produk,” kata Shinji.

Di sisi lain,, Sharp pun terus menjalankan program promosi penjualan dengan menghadirkan beragam penawaran menarik untuk setiap transaksi pembelian, berupa hadiah, cashback, dan merchandiser. Tak lupa, dalam masa pandemi ini Sharp turut beradaptasi dengan membawa konsep berjualan ke berjualan online secara live streaming di akun media sosial. Berbagai layanan juga dilakukan dengan menaati protokol kesehatan. (*)

Sudarmadi & Darandono

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)