Shopback Ajak Konsumen Hemat dan Cerdas

Mengajak konsumen Indonesia untuk berbelanja cerdas dan hemat, Shopback mengampanyekan Shopback Shop Fest yang berlangsung dari tanggal 12-31 Desember 2016. Shopback memberikan hingga 99% cashback dari 130 e-commerce di Indonesia berkolaborasi dengan Bank Mandiri, Sony Music Entertaiment Indonesia, Warner Music Indonesia, Trinity Optima Production, serta 12 influencer. Bersama dengan para mitra tersebut, Shopback menghadirkan 3 kampanye yaitu Mandiri Shop Fest, Fashion Shop Fest dan Music Shop Fest.

indra-yonathan-13

“Tak dapat diPungkiri bahwa daya tarik utama industri e-commerce di mata sebagian besar konsumen Indonesia (77,1%) adalah karena gencarnya promosi menarik serta besarnya diskon yang ditawarkan. Tentu saja hal tersebut akan memberikan keuntungan lebih bagi konsumen. Namun, jika tidak disikapi dengan bijak dan cerdas, konsumen bisa terjebak ke dalam budaya belanja impulsif yang tentu saja berpotensi untuk mengganggu tercukupinya kebutuhan yang lain.

Apalagi survei kami menunjukkan bahwa mayoritas pembelanja online adalah kaum muda di kisaran 19 hingga 35 tahun (76%) yang rata-rata masih memiliki banyak kebutuhan di tengah situasi finansial yang masih terbatas. Bahkan, 44% dari konsumen utama tersebut dalam sebuah survei perbankan mengaku mengalami defisit keuangan setiap bulannya akibat tak pandai dalam menentukan skala prioritas[, sehingga perilaku berbelanja cerdas dan hemat menjadi sangat penting untuk dijadikan sebagai budaya baru,” ujar Indra Yonathan, Country Manager ShopBack Indonesia.

Melalui surveI yang diselenggarakan oleh Shopback, 42% konsumen Indonesia memilih transfer ATM ketika mereka pertama kali berbelanja online. Seiring berjalannya waktu, 55,5% dari konsumen ini tidak mau mengganti cara pembayaran belanja online. Tiga cara pembayaran yang menjadi favorit adalah transfer ATM, disusul oleh internet banking dan COD (cash on delivery). Shopback menggandeng Bank Mandiri untuk mendorong para konsumen Indonesia untuk membayar non-tunai seiring dengan kampanye Gerakan Non-Tunai yang diusung oleh pemerintah dengan menawarkan diskon hingga 95% ditambah diskon tambahan 15% dan tambahan cashback hingga Rp500 ribu dari Shopback bagi pengguna kartu debit dan kartu kredit Mandiri.

Arief Santiana, Vice President Credit Cards Bank Mandiri, mengatakan, dalam 3 tahun terakhir kontribusi transaksi travel meningkat, di mana 76% transaksi travel dilakukan secara online. Arief sendiri menargetkan kenaikan transaksi kartu kredit dan kartu debit Mandiri naik 5 kali lipat di event Harbolnas 2016.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada Januari 2016, Shopback sudah digunakan oleh lebih dari 850 ribu pengguna.  Sebanya Rp 25,658 miliar adalah total cashback yang sudah diberikan kepada pengguna sejak Januari. Sedangkan total cashback yang sudah dicairkan ke rekening pengguna Shopback adalah Rp 10,986 miliar. Selain beroperasi di Indonesia, Shopback juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan India.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)