SIM Group Edukasi Digitalisasi di Industri Pembiayaan

SIM Group memperkenalkan aplikasi iMove. (Foto : Istimewa).

PT Swakarya Insan Mandiri (SIM Group), perusahaan outsourcing berbasis teknologi digital di industri pembiayaan, menggelar acara The Coffee Gathering-Community and Friendship Gathering di Jakarta.

Sejumlah perusahaan multifinance dan keuangan mengikuti acara ini untuk memahami lebih lanjut digitalisasi proses bisnis. Mira Sonia, Direktur Pemasaran SIM Group, menyebutkan SIM Group berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan perusahaan, seperti industri pembiayaan dan keuangan. “Passion kami adalah konsisten membuat aktivitas yang berguna bagi community. Karena itu kami membuat event community gathering ini yang rutin digelar dalam beberapa tahun terakhir ini,” jelas Mira di Jakarta, Kamis (19/4/2018)

Guna mendukung pertumbuhan industri multifinance dan keuangan khususnya di bidang operasional, SIM Group mengangkat tema Digital Transformation for Financial Industry untuk membangun awareness perusahaan multifinance mengenai proses bisnis serta operasiona di era digital. “Sejumlah aspek yang harus didorong khususnya bagi perusahaan multifinance adalah mendigitalisasi proses bisnis. Hal ini penting dilakukan demi meningkatkan kecepatan kinerja bisnis secara keseluruhan,” urai Mira.

Pada kesempatan yang sama, Efrinal Sinaga. Presiden Direktur PT Ellips Guna Artha yang sekaligus Advisor dan Konsultan Multifinance, mengungkapkan, perusahaan pembiayaan memasuki era baru dan tantangan yang lebih kompleks di era disrupsi digital. “Mereka harus cepat bertransformasi ke digitalisasi, khususnya untuk menangkap peluang bisnis di segmen pembiayaan ritel,” jelas Efrinal yang juga menjabat sebagai Ketua Pokja Pembiayaan Maritim-OJK dan Ketua Pengarah Pembiayaan UKM-OJK tersebut.

Merujuk data Bank Indonesia, sekitar 132,7 juta, atau 50% dari jumlah total populasi penduduk Indonesia sebanyak 265,4 juta jiwa dikategorikan sudah masuk dalam jangkauan peneterasi internet di awal tahun ini. Kemudian, sekitar 130 juta jiwa atau 49% dari jumlah total penduduk itu adalah pengguna media sosial yang aktif.

Selanjutnya, riset McKinsey Global Institute memproyeksikan jumlah populasi kelas menengah Indonesia pada 2030 berpeluang naik menjadi 135 juta jiwa, atau tumbuh 200% dari 45 juta jiwa di tahun 2012. “Ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan bagi perusahaan multifinance untuk mengakuisi konsumen melalui platform digital i-Move,” ucap Efrinal yang pernah menjabat Sekretaris Jendral di Asosiasi Perusahaan Pembiayaaan Indonesia periode 2014-2016 ini.

Mira menambahkan,  digitalisasi proses bisnis perusahaan multifinance bisa dilakukan di antaranya dengan mengembangkan aplikasi digital untuk petugas lapangan atau surveyor yang melakukan verifikasi data calon pelanggan maupun pelanggan. Dengan aplikasi digital, maka petugas surveyor akan mampu bekerja lebih cepat, akurat dan efisien.

Di industri pembiayaan dan keuangan  proses verifikasi data konsumen (customer) sangat penting. Sebabnya, customer yang melakukan pembayaran kewajiban dengan lancar bukan saja karena proses collection yang baik dari perusahaan pembiayaan. Namun juga karena proses awal verifikasi dan analisis kredit sejak awal telah dilakukan dengan tepat dan benar. “Karena itu hari ini kami memperkenalkan i-Move (Integrated Mobile Verification), sebuah aplikasi berbasis mobile platform yang dapat membantu proses verifikasi data lapangan menjadi lebih akurat dan valid dengan output e-verification document sehingga pengiriman laporan hasil verifikasi menjadi lebih cepat dan mudah,” jelas Mira.

Anta Ginting, Direktur SIM Group turut memaparkan, i-Move memudahkan perusahaan pembiayaan memproses kesahihan (verifikasi) data calon pelanggan maupun pelanggan dengan kemampuan verifikasi yang lebih akurat karena tingkat kesahihannya yang sangat tinggi. Hal tersebut dimungkinkan karena i-Move memiliki berbagai macam fitur unggulan, antara lain fitur verifikasi dokumen elektronik (e-verification document) yang memungkinkan pengguna mengirim laporan verifikasi menjadi lebih cepat dan mudah serta mempercepat proses verifikasi di lapangan yang diproses real time.

“Dengan demikian penggunaan i-Move akan mampu meningkatkan proses verifikasi hingga 85% lebih cepat dibandingkan proses verifikasi konvensional secara manual. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan di sektor pembiayaan, financial technology dan perbankan,” jelas Anta.

Aplikasi iMove

Putu Erman Sugianto,  Labour Outsource & Business Development Division Head SIM Group memaparkan, i-Move memiliki beragam keunggulan, di antaranya memiliki fitur yang bisa mengecek kesahihan dokumen konsumen melalui fitur gambar yang dilengkapi geo-tagging.  “Selain itu i-Move memudahkan pengecekan ulang kelengkapan data konsumen yang disusun petugas di lapangan yang bisa dipantau langsung melalui fitur verify task,” jelas Putu.

Terdapat pula fitur report monitoring atau order tracking yang memantau penyelesaian pekerjaan oleh petugas di lapangan, meminimalisir waktu kerja, hemat biaya karena tidak menggunakan kerta (paperless). Selain itu SIM Group juga menaruh perhatian besar kepada faktor keamanan data. Itu sebabnya i-Move mampu meminimalisir tingkat fraud dengan cara  menggunakan fitur login yang menggabungkan pendaftaran nomor IMEI dan nomor mesin telepon genggam user. Dengan demikian, i-Move yang aplikasi bisa diunduh melalui Google Play itu memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi.

“Selain itu i-Move memiliki beberapa keunggulan lainnya, di antaranya kustomisasi pertanyaan verifikasi sesuai dengan kebutuhan dan standar perusahaan, kustomisasi metode distribusi tugas dan pemetaan (mapping) pembagian wilayah pengugasan berdasarkan zipcode, dan mengontrol pembagian penugasan harian melalui fitur absensi,” tutur Putu.

SIM Group pun memberikan kesempatan kepada para peserta acara untuk mencoba aplikasi i-Move dengan dibantu oleh para karyawan SIM Group yang sangat terlatih. Anta pun mengungkapkan bahwa terdapat periode free trial agar calon customer bisa merasakan langsung keunggulan i-Move yang akan meningkatkan proses bisnis perusahaan secara signifikan.

“Kami memberikan kesempatan periode free trial sampai akhir Juli 2018 agar customer kami bisa merasakan langsung beragam manfaat yang akan mereka peroleh dari i-Move,” jelas Diharjanto Edy Nayantoko, Marketing Division Head SIM Group.

 

www.swa.co.id

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)