Panasonic Gencar Menggarap Pasar AC

Panasonic memperkenalkan teknologi baru untuk pendingin ruangan berupa FSV-EX (Flexi System VRF – Eco Extreme). Teknologi FSV-EX ini merupakan solusi pendingin udara yang menyertakan sistem Variable Refrigerant Flow (VRF) terbaru yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi energi. VRF mampu memberikan efisiensi energi yang cukup tinggi karena outdoor unit terbaru menggunakan kompresor teknologi inverter yang menyeluruh. Durabilitas sistem ini mampu beroperasi pada temperatur tinggi serta dirancang dengan rentang operasi hingga 52 derajat celcius.

Hiroyuki Iwaki, Deputy Managing Director Panasonic Appliances Air-Conditioning Malaysia; Hiroshi Komatsubara, Chief Sales Officer of Panasonic Air Conditioner Company; Hiroyoshi Suga, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia; Tadaharu Taguchi, Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia; dan Gunawan, President Director Gobel Dharma Nusantara. Hiroyuki Iwaki, Deputy Managing Director Panasonic Appliances Air-Conditioning Malaysia; Hiroshi Komatsubara, Chief Sales Officer of Panasonic Air Conditioner Company; Hiroyoshi Suga, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia; Tadaharu Taguchi, Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia; dan Gunawan, President Director Gobel Dharma Nusantara.

“Meskipun temperatur di luar ruangan mencapai 52 derajat celcius, FSV-EX tetap mampu beroperasi pada kapasitas 100%,” ujar Hiroshi Komatsubara, Chief Sales Officer Panasonic Air Conditioner.

Teknologi ini diperkenalkan pertama kali kepada masyarakat Indonesia pada saat ajang International HVACR/Pumps/Valves/Compressors Indonesia ke-4 yang berlangsung pada tanggal 25-27 November 2015 di JIExpo, Kemayoran.

Produk yang ditawarkan secara B2B ini menyasar hotel, rumah sakit, gedung perkantoran, atau ruang komersial lain. Saat ini sudah terdapat gedung yang menggunakan pendingin ruangan FSV-EX, di antaranya Hotel Patra Jasa Bandung, Rumah Sakit Bekasi, serta Rumah Sakit Universitas Indonesia yang sedang dalam tahap pembangunan.

Beberapa inovasi yang diimplementasikan pada FSV-EX adalah kompresor all-inverter berkapasitas dual terbaru yang dapat dikontrol secara tersendiri untuk memberikan performa yang sangat fleksibel. Selain itu, permukaan penukar panas atau kondesor yang telah diperbesar dengan triple-surface dengan tujuan untuk memperluas area pertukaran panas, sehingga meningkatkan efisiensi energi.

Ada pula manajemen recovery oil , tidak seperti sistem VRF biasa yang membuang energi dengan penggunaan kembali oli dari unit indoor, FSV-EX mempunyai desain oil recovery 3 tahap yang meminimalisir frekuensi oil recovery yang kemudian mengurangi biaya energi.

Panasonic sebagai brand dari berbagai produk elektronik saat ini menguasai 30% market share di pasar air conditioner di Indonesia. “Sesuai dengan arahan dari Presiden AC company bahwa arah perusahaan Panasonic AC sangat jelas untuk mejadi perusahaan AC yang spesialis yang memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kita akan menciptakan produk yang sesuai sepenuhnya dengan kebutuhan konsumen dan mengembangkan bisnis kita,” kata Komatsubara.

Panasonic mengumumkan target penjualan global sebesar USD 6 miliar atas bisnis pendingin ruangan di tahun fiskal 2018 yang berakhir di bulan Maret 2019. Jumlah target penjualan global tersebut meningkat 152% dari target penjualan tahun fiskal 2014. Dengan penambahan produk line-up secara ekstensif, Panasonic berkeinginan untuk melebarkan bisnis pendingin-ruangan secara luas dengan menawarkan solusi yang menggunakan gas dan listrik secara efisien.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)