Strategi B2B Panasonic Guna Tingkatkan Performa Bisnis

Panasonic.Guna meningkatkan performa bisnis perusahaan, Panasonic memfokuskan bisnis di Indonesia dengan menampilkan produk-produk rumah tangga Panasonic yang inovatif dan berkualitas tinggi serta solusi-solusi B2B atau B2G terpadu di bidang keamanan, ritel, restoran cepat saji dan manufaktur.

Sebagai perusahaan yang memiliki sejarah panjang dan terus berupaya memajukan teknologi ramah lingkungan, Panasonic berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di Indonesia guna mengatasi masalah-masalah penting di berbagai sektor seperti energi, infrastruktur, transpotasi, pangan dan pertanian.

Rachmat Gobel, Presiden Komisaris Panasonic Gobel Indonesia, mengatakan, “Dengan semboyan kami yakni ‘A Better Life, A Better World’, Panasonic mendorong untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan dunia. Komitmen kami ditunjukkan melalui strategi bisnis yang meliputi seluruh sektor baik B2C, B2B maupun B2G, dengan solusi yang komprehensif di bidang energi, keamanan, rumah tangga dan lain-lain”.

Beberapa produk dan proyek global Panasonic yang turut andil dalam mengaplikasikan B2B di antaranya Kota Pintar Fujisawa, Power Supply Container untuk Masyarakat Karimun Jawa dan Panasonic Solar Lantern. Kota pintar Fujisawa yang berlokasi 50 km dari Tokyo ini tengah dalam proses transformasi menjadi kota hemat energi oleh Panasonic semenjak 2007.

Konsep dari kota pintar ini adalah untuk membawa energi ke dalam kehidupan, yang berarti menyediakan listrik sebagai sumber utama untuk kehidupan sehari-hari. Dengan menggabungkan konsep ramah lingkungan, kenyamanan dan keamanan, kota Fujisawa bermaksud untuk mengurangi konsumsi CO2 hingga 70% dan penggunaan air hingga 30%, dengan tingkat ketergantungan terhadap energi terbarukan hingga 30%. Tanpa energi dan pasokan air dari luar, kota ini bisa bertahan selama 3 hari dengan energi mereka sendiri, yang tersimpan di dalam baterai ramah lingkungan dengan sistem panel surya

Selain itu,  tersedia Power Supply Container untuk masyarakat Karimun Jawa untuk mengatasi masalah sosial terkait listik di daerah tersebut. Koperasi Pundih Artah, yang menerima Bantuan Hibah untuk Keamanan Masyarakat Setempat (Grant Assistance for Grassroots Human Security), IBEKA dan Panasonic telah meluncurkan sebuah proyek untuk memperbaiki lingkungan pendidikan dengan memanfaatkan Power Supply Container melalui kerjasama dengan Kabupaten Jepara dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Power supply container sendiri dapat menghasilkan listrik hingga 3.000 watt.

Panasonic Solar Lantern Energi terbarukan adalah salah satu solusi yang disediakan oleh Panasonic untuk mengatasi efek pemanasan global. Solar Lantern adalah salah satu contohnya, di mana lampu ini bisa gunakan sebagai penerangan dengan menggunakan energi tenaga surya melalui 3,5 watt panel tenaga surya dan 5 lampu LED dengan tingkat penerangan hingga 360 derajat, serta baterai isi ulang yang bisa digunakan selama hingga 6 jam. Di Indonesia, Panasonic telah menyumbangkan 1.000 solar lantern untuk beberapa daerah terpencil di Nusa Tenggara Timur yang memiliki akses listrik terbatas.

Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting bagi Panasonic di kawasan Asia Pasifik. Seperti yang dikemukakan oleh Junichiro Kitagawa, Managing Director Panasonic Asia Pasifik, “Kami melihat bahwa industri perumahan, perhotelan, perkantoran dan infrastruktur terus berkembang tiap tahun. Kami juga melihat pertumbuhan dan bisnis yang menjanjikan di bidang tersebut. Melihat performa bisnis Panasonic di Indonesia, yang dikombinasikan dengan kesempatan pasar domestik yang kuat, kami yakin dapat memperkuat bisnis B2B perusahaan di kawasan Asia Pasifik bersama dengan mitra-mitra kami.” (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)