Strategi Baru KlikDokter.com Mendekati Masyarakat

Kelas menengah memiliki potensi pasar yang cukup besar, dikarenakan pertumbuhannya yang cukup pesat. Menurut Bank Dunia ada 7 juta orang per tahun yang muncul sebagai kelas menengah. Pada tahun 2020 akan mencapai 48%. Kelas ini ke depannya akan membutuhkan beragam informasi, terutama mengenai hidup dan gaya hidup sehat.

Klikdokter

Kelas ini pun biasanya memiliki hobi yang berkelas seperti bermain golf dan jumlah pengguna internet akan bertambah. Tahun 2015 ada 150 juta orang Indonesia yang menggunakan internet, nantinya akan mengalaimi kenaikan 70% pada tahun 2020.

Golongan kelas menengah ini, sejatinya membutuhkan suatu informasi yang populer dan mumpuni. Salah satunya adalah mengenai kesehatan. Melihat peluang ini, KlikDokter.com pun berusaha masuk dengan menawarkan spesialisasi yang berbeda dalam dunia kesehatan.

“ KlikDokter.com menawarkan solusi yang berbeda di dalam dunia kesehatan. Pada saat ini masyarakat dituntut tahu banyak mengenai penyakit sekaligus penangannya. Saat ini dokter juga diharapkan memberikan informasi yang cukup pada pasien. Jangan sampai pasien melihat atau mengambil dari referensi dari internet yang belum tentu benar,” ujar Andreas Santoso, Presiden Direktur PT Karsa Lintas Buwana (KlikDokter.com).

Selain itu, ia melihat bahwa berkembangnya teknologi informasi belum tentu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Perkembangan internet justru membuat masyarakat lebih gegabah dalam mencari informasi.

”Banyak masyarakat yang kalau sakit, hanya mengecek di internet padahal informasi dari internet itu belum tentu benar. Apalagi di Indonesia ini, penyebaran fasilitas kesehatan juga tidak merata. Kami harapkan dengan masuk ke dunia online, kami mampu menjangkau para pasien yang tinggal jauh,” ujarnya lagi.

Motivasi inilah yang menjadi cikal bakal KlikDokter.com. sebuah website kesehatan dengan informasi mengenai gaya hidup, penyakit, pencegahan penyakit, dan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Website ini pun menggandeng para dokter sehingga informasi yang diberikan pun cukup terpercaya.

Selain itu, melihat rasio dokter terhadap dokter penduduk Indonesia yang berjumlah 33:100.000 jiwa, membuat seorang dokter bisa menangani hingga 100 orang hingga lebih. Melihat hal ini, KlikDokter.com pun mengunakan startegi pemasaran baru.

”Kami meluncurkan aplikasi mobile KlikDokter.com berharap agar bisa memberikan akses kesehatan yang lengkap, terpercaya, dan terjangkau," dia menegaskan.

Terkait masalah kesehatan, hambatan utama selain fasilitas kesehatan yang tidak merata, biaya, jarak, dan transportasi juga menjadi kendala yang cukup mengganggu. Di Indonesia, sebesar 40% dokter terdapat di pulau Jawa, di Papua diperkirakan hanya ada 2%. Melihat hal ini, website yang telah berdiri sejak tahun 2008 ini pun mulai memasuki wilayah mobile aplikasi dengan harapan mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Untuk memudahkan masyarakat Indonesia, mobile aplikasi ini memiliki fitur Live Chat sehingga pasien bisa berkomunikasi langsung dengan dokter sekaligus bisa mengirimkan gambar juga. Ada juga fitur Tanya Dokter yang akan dijawab para dokter dalam 1x24 jam.

Mobile aplikasi ini diluncurkan karena website KlikDokter.com dirasakan telah diterima dengan baik oleh masyarakat. Website ini telah dilihat sebanyak 3,717 juta pengunjung. Sebanyak 64% pembaca adalah perempuan dan 70% dari mereka berasal dari kalangan nonmedis. Selain itu dengan mengandalkan berbagai kerjasama dengan kementrian kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, Ikatan Alumni Universitas Indonesia dll, aplikasi mobile ini diaharpkan mampu menembus pasar yang lebih luas lagi. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)