Strategi Branding HIN Melalui KulineRun 2017

Iswandi Said Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) (Tengah)

Beragam cara dilakukan untuk melakukan branding, salah satu yang dilakukan Hotel Grand Inna Padang (Hotel Indonesia Natour) melalui KulineRun 2017. Program ini untuk memperkenalkan kuliner dan keindahan alam kota Padang.Lomba marathon kian digandrungi  perusahaan-perusahaan di Indonesia. Bahkan, kegiatan yang melibatkan ribuan peserta baik dari dalam maupun luar negeri ini dijadikan event tahunan. Hal senada dilakukan PT Hotel Indonesia Natour (HIN)  dan PT Semen Padang dengan menggelar event Padang KulineRun 2017.

Menurut Iswandi Said, Direktur Utama PT HIN Group, acara ini digelar untuk memanfaatkan momentum Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day). Sesuai komitmennya untuk mendukung pengembangan industri kepariwasataan di kota Padang khususnya dan provinsi Sumatera Barat.

Ia menambahkan, Padang KulineRun 2017 yang akan dilaksana 24 September 2017 di Padang akan memperebutkan total hadiah Rp 35 juta dan berbagai hadiah lainnya seperti motor dan beragam produk elektronik lainnya dari para sponsor dan partner.

Sebagai wujud senergi BUMN, kegiatan tersebut juga didukung oleh BUMN lain, seperti PT Pegadaian, Bank BTN, dan Garuda Indonesia. Padang KulineRun 2017 merupakan event yang memadukan olahraga lari dengan wisata kuliner, dimana para peserta akan dapat menikmati berbagai hidangan khas dari Minang selama event berlangsung. "Kami juga akan melibatkan 40 UMKM dibidang kuliner yang akan menyajikan beragam kuliner khas minang yang berbeda," kata Iswandi

Padang KulineRun 2107 direncanakan diikuti sekitar 1500 peserta, dan akan mempertandingkan lomba dengan jarak  2,5K/5K/10K dan Family Run. Para peserta akan dapat melaksanakan lomba sambil menikmati ikon pariwisata kota Padang yang sebagian besar merupakan kawasan pantai, yaitu Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman,kawasan Pondok dan Tugu Nol Kilometer Padang (depan hotel Grand Inna Padang).

Seusai lomba para peserta akan dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Minang, termasuk dari industri, UMKM, dan Hotel Grand Inna Padang - yang sebagai tempat penyelenggaraan event - akan menyiapkan sajian khusus lontong gulai khas Padang, bubur kampiun. lamang tapai, dan sebagainya.

Iswandi menambahkan pelaksanaan event Padang KulinerRun 2017 mendapat dukungan penuh dari Kementrian BUMN, Gubernur Sumatera Barat, dan Dinas Kepariwisataan Sumatera Barat ini dapat dijadikan sebagai event/gong awal dalam rangka menyambut Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day), tanggal 26 September.Padang KulineRun juga merupakan upaya untuk lebih memperkenalkan berbagai keindahan kota Padang sebagai destinasi wisata dan mengangkat wisata kuliner Minang yang telah diakui dunia. Seperti diketahui, sesuai daftar makanan terenak di dunia yang dirilis CNN tahun ini, rendang dari Sumatera Barat menempati peringkat pertama.Penyelenggaraan Padang KulineRun 2017 ini tidak terlepas dari komitmen PT Hotel Indonesia Natour (Persero) bersama BUMN pendukung yang lain, bahwa "BUMN Hadir Untuk Negeri", dalam hal ini mendukung pengembangan industri kepariwisataan nasional, dan bertepatan dengan event Padang KulineRun 2017 tersebut juga akan dilaksanakan peresmian "Padang Convention Centre" di Grand Inna Padang yang merupakan "convention centre" terbesar di Sumatera Barat yang dapat menampung tamu hingga 2000 orang.

Diakui Iswandi Padang KulineRun sebagai ajang branding bagi HIN untuk mengangkat budaya dan kearifan lokal di setiap-tiap daerah. Bila tahun lalu diadakan di Medan, dan setelah Padang rencana sedang mempersiapkan Malioboro KulineRun di Yogyakarta tahun ini dan kota-kota lain. "Bila rata-rata occupancy rate Grand Inna Padang sekitar 75%, dengan adanya acara ini occupancynya bisa menjadi 90%. Strategi untuk mengangkat branding bisa Hotel Grand Innna dan mendongkrak occupancy rate hingga 90%," kata Iswandi.

Saat ini HIN memiliki 14 unit hotel dan resort di Bali, Jawa, dan Sumatera yakni Inaya Putri Bali Nusa Dua, Grand Inna Kuta, Grand Inna Padang, Grand Inna Bali Beach, Grand Inna Malioboro, Grand Inna Tunjungan, Grand Inna Samudra Beach, Grand Inna Medan, Inna Bali Beach Garden, Inna Bali Beach Resort, Inna Tretes Hotel & Resort, Inna Parapat Hotel & Resort, Inna Sindhu Beach Hotel & Resort, dan Inna Bali Heritage Hotel.

Kini, HIG beranggotakan lebih dari 46 hotel diantara 7 hotel Patra Jasa (anak perusahaan Pertamina), 7 hotel Aero Wisata (anak perusahaan Garuda Indonesia), dan 14 unit milik Inna Hotels & Resorts. Selanjutnya, 9 hotel milik Pegadaian (Pesona Hotels), satu hotel milik Taman Wisata Candi (Manohara Hotel Borobudur), dan lima hotel milik PT Jakarta Tourisindo. "Hingga akhir tahun ini kami akan mengelola 15 hotel lagi," kata Iswandi.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)