Strategi Nippon Paint Kuasai Pasar Cat di Indonesia

Pemain pasar cat di Indonesia terbilang banyak. Sebab, bukan saja dipenuhi oleh produk dengan merek yang dikenal, merek yang tidak terlalu dikenal pun banyak, bahkan kini banyak beredar cat tanpa merek. Tentu dibutuhkan strategi jitu untuk menguasai pasar ini. Jon Tan, CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia dengan percaya diri mengatakan saat ini Nippon Paint menjadi pemain nomor satu pasar cat dekoratif.

“Kami menguasai pasar docorative paint sekitar 25 persen saat ini, ini termasuk besar ditengah sesaknya pasar cat. Targetnya tahun ini pangsa pasar hingga 30 persen,” ujarnya mantap. Menurutnya, raihan ini baru bisa dicapai pada sekitar lima tahun terakhir. Padahal Nippon Paint sudah berdiri sejak 1969. Kuncinya pada distribusi dan konsistensi warna yang akurat dari kota hingga ke kampung-kampung.

“Makanya kami menggunakan tagline Warna Konsisten dan Akurat dari Kota hingga ke Kampung,” tegas pria Singapura ini. Warna dan konsiten warna bisa dihadirkan Nippon Paint berkat pengembangan mesin tinting yang dikembangkan Nippon Paint ke berbagai wilayah di Indonesia. Mesin tinting ini memiliki kemampuan otomatisasi pengoplosan warna, colour creations machine (CCM) yang sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 1990an. Menurut Jon mesin tinting ini merupakan terobosan Nippon Paint, yanng mendorong inovasi lain, karena dari mesin ini bisa menghasilkan lebih dari 10 ribu warna. Salah satunya menghasilkan inovasi cat Momento, cat yang mampu memberikan tekstur dan motif layaknya wallpaper pada dinding rumah.

Jon menyebut beberapa strategi Nippon Paint menguasai pasar Indonesia. Pertama, selalu meluncurkan produk baru yang inovatif. Selain cat Momento, terobosan lain adalah cat Nippon Paint sekarang kadar VOC yang mendekati nol dan bebas merkuri atau logam, sehingga cat Nippon Paint mendapat Green Labet Singapore yang menyatakan cat ini aman bagi kesehatan dan lingkungan. Kedua, masuk ke segmen bisnis baru, salah satunya dengan masuk ke water proving. Ketiga distribusi yang kuat, ini yang terpenting. Langkahnya dengan mengembangkan mesin tinting yang bisa memungkinkan ribuan warna cat Nippon Paint bisa sampai ke pelosok kampung Indonesia.

Untuk pasar cat dekoratif, Nippon Paint juga ingin mengepung hingga ke segmen bawah. Dengan serius mengelola second brand mereka yaitu QLuc dan Komilex. “QLuc kami pasarnya terutama di Indonesia bagian barat dan Komilex ke Indonesia bagian timur,” katanya.

Dua produk kelas bawah ini produksinya 2 juta kilo per bulan dengan harga Rp 200 ribu per 20 kg. Menurut Jon, Komilex merupakan brand favorit di kampung-kampung, sedangkan QLuc karena murah banyak digunakan untuk pengecatan both-both berbagai pameran. “Walau begitu kami punya standar yang harus dijaga, semua cat dibawah Nippon Paint setelah kering tidak berkapur, makanya aman bagi kesehatan kita,” katanya.

Jon menuturkan, tahun ini meski ada peningkatan penjualan, tapi kondisinya tidak seperti tahun lalu. Penyebabnya adalah daya beli masyarakat masih rendah dan kebanyakan mereka masih wait and see dalam melakukan pembelian. “Kebijakan tax amnesty juga sebenarnya saya lihat belum maksimal. Toko-toko kecil masih belum ikut, akibatnya mereka menahan diri dalam membeli barang atau tidak stok banyak,” jelasnya.

Walau begitu Nippon Paint tetap melakukan pengembangan produksi awal tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan pasar terutama di cat dekoratif. Di pabrik Nippon Paint yang berada di Purwakarta seluas 80 hektar itu, memang baru 30 hektar lahan yang digunakan untuk bangunan pabrik. “Tapi kami sudah menaikkan production capacity di pabrik yang sama menjadi dua kali lipat dari dua pabrik cat minyak dan dua pabrik cat air di sana. Jadi sekarang kapasitas produksi kami menjadi 50 juta kilo per tahun, sebelumnya hanya separuhnya,” jelasnya. Memasuki kuartal pertama tahun ini penjualan cat dekoratif Nippon Paint mengalami kenaikan 5 persen.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)