Strategi Nutrifood Menggarap Pasar Susu Remaja

Dalam menggarap pasar susu untuk remaja, Nutrifood mengeluarkan produknya yang diberi nama HiLo Teen. Ignatius Teddy, Brand Manager dari HiLo, memaparkan strategi-strategi Nutrifood dalam menggarap pasar susu khusus untuk remaja tersebut kepada Dadi A. Salim dari SWA Online berikut ini:

Saat peluncuran susu Hi Lo

Bagaimana sebenarnya potensi pasar remaja untuk susu? Apakah memang sangat besar?

Saya melihat potensinya masih sangat besar, karena belum banyak produsen susu yang mengambil pasar ini, kebanyakan dari produsen tersebut berfokus pada balita dan dewasa. Memang kami perlu kerja keras dalam mengembangkan susu di pasar remaja ini, tetapi ini menjadi tantangan HiLo Teen untuk menjadi nomor satu dalam susu kategori Remaja.

Mengapa perlu ditawarkan susu dengan segmen khusus untuk remaja?

Susu merupakan salah satu sumber yang paling baik untuk memenuhi angka kecukupan kalsium per hari, dan kebutuhan serta fungsi kalsium di setiap usia berbeda-beda. Pertumbuhan tulang paling cepat dari usia kanak-kanak hingga remaja, kemudian melambat hingga umur 26 tahun. Sekitar 90% massa tulang akan di bentuk saat ini. Oleh karena itu, kami ingin mengedukasikan bahwa remaja merupakan masa yang penting untuk pertumbuhan tulang.

Apa yang membedakannya dengan susu lain?

HiLo merupakan susu dengan kandungan kalsium yang paling tinggi (600 mg), rendah lemak, tinggi vitamin (B complex) & tinggi mineral. HiLo cocok untuk mereka yang bergerak secara aktif dan menginginkan pertumbuhan tulang yang maksimal.

Hi Lo2

Seperti apa kebutuhan susu untuk kalangan remaja ini? Apakah sebelumnya sudah dilakukan survei?

Berdasarkan survei yang kami lakukan, bahwa remaja membutuhkan susu untuk men-support aktivitas sehari-harinya, terutama bagi mereka yang aktif dan yang paling dicari oleh kalangan remaja adalah susu yang bisa membantu pertumbuhan badan mereka untuk menjadi lebih tinggi, yaitu susu dengan kadar kalsium yang tinggi.

Apa saja aktivitas pemasaran yang dilakukannya agar pemasaran produk susu untuk remaja ini berjalan efektif?

Eksis di kalangan remaja adalah kunci dari pemasaran produk HiLo Teen. Semua aktivitas mengacu pada semua yang tren di kalangan remaja. HiLo memanfaatkan media sosial untuk lebih dekat dengan kalangan remaja, yaitu menggunakan Twitter, FB, Instagram, dan Youtube. Untuk aktivitas BTL, HiLo melakukan roadshow dan langsung berhubungan dengan remaja di sekolahnya, salah satunya adalah Artivitas : Kompetisi transformasi kardus bekas HiLo melalui Seni dan Kreativitas.
-
Selain itu, ada 3x3 battle : Kompetisi basket 3 on 3 di sekolah-sekolah SMA, di mana sekolah tersebut juga akan berkesempatan mendapatkan coaching clinnic dari pebasket profesional.

Sejauh ini, bagaimana hasilnya?

Sejauh ini semua aktivitas yang kami lakukan untuk menggarap pasar berjalan sesuai harapan dan target.

Apakah para remaja memang membeli susu yang khsusu ditujukan untuk mereka?

Iya, para remaja memang membeli susu yang dikhususkan buat mereka, dengan memberi kategori Teen (remaja) mereka merasa produk yang kami keluarkan cocok dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan seiring perkembangan zaman dan habit pembelian, mereka saat ini memliki kekuasaan dalam menentukan brand atau produk yang ingin dikonsumsi, bukan lagi melalui orang tuanya.

Tren penjualannya seperti apa?

Tren penjualan HiLo Teen terus tumbuh dan kami selalu mencapai target yang ingin dicapai.

Bila bisa disebutkan, berapa penjualan susu untuk segmen ini?

Mohon maaf, karena kebijakan dari perusahaan kami tidak bisa menyebutkan angka penjualannya. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)