Strategi Promosi Jeju Island Tarik Wisatawan Indonesia

Meskipun Indonesia punya banyak wilayah destinasi alam terkenal, hal ini tak membuat Jeju Island,salah satu salah satu destinasi favorit di Korea Selatan, pesimis untuk menggaet wisatawan asal Indonesia. Berbagai strategi promosi dilakukan guna meningkatkan pertumbuhan jumlah wisatawan asal indonesia, yang selama ini memang terbesar ketiga setelah Tingkok dan Jepang.

Terbaru, pulau terbesar di sebelah selatan Semenanjung Korea itu, mendapuk penyanyi dan penulis lagu K-Pop, Eru, sebagai duta pariwisata. Maklum, seperti diketahui, budaya K-pop memang belakangan tahun terakhir telah mewabah di tanah air.

“Ini merupakan salah satu strategi promosi kami, agar Eru tak sekadar memperkenalkan budaya Korea dan  K-pop, Tapi juga memromosikan Jeju sebagai destinasi yang wajib dikunjungi ketika melakukan wisata di Korea,” ujar Gubernur Jeju Island, Won Hee-ryong di Jakarta (13/8).

Indonesia sendiri menurut Won Hee-ryong, merupakan potensi pasar yang besar bagi Jeju. Jumlah penduduk yang banyak dan pendapatan perkapita yang terus berkembang, membuat Indonesia layak menjadi fokus utama promosi. Tahun lalu misalnya, ia mengungkapkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jeju sebesar 6.000 orang. “Meski hanya urutan ke 3 dari jumlah total wisatawan asing. tapi Indonesia yang pertumbuhan wisatawannya paling tinggi,” ia menjelaskan.

Won Hee-ryong1

Lalu apa yang membuat Jeju memiliki daya tarik bagi wisatawan Indonesia? Selain karena merupakan salah satu 7 keajaiban alam dan juga situs warisan alam dunia versi UNESCO, Won Hee Ryong mengatakan faktor cuaca menjadi salah satu daya tarik tersediri bagi Jeju.

“Kita tahu Indonesia, punya Bali, dan Lombok, Pulau Komodo dan lain-lain. Tapi di sini kami punya empat musim, jadi wisatawan asal Indonesia, bisa punya pengalaman berbeda,” ujarnya.

Ke depan berbagai strategi lain pun telah disiapkan guna menarik lebih banyak wisatawan asal Indonesia. Salah satunya adalah menjadikan Jeju menjadi destinasi wisata yang lebih nyaman bagi muslim Indoneisa, dengan memperbanyak jumlah restoran halal dan  mushola-mushola, yang saat ini diakui masih minim dalam jumlah. “Mungkin juga kami bisa membuat semacam resort khusus untuk para muslim,” ujar Gubernur Jeju.

Jeju Island adalah sebuah pulau besar di Korea. Pulau ini sering dijuluki dengan istilah “Samdado” atau Pulau yang berlimpah dalam tiga hal, yaitu bebatuan, wanita, dan angin. Untuk penggemar film Korea sendiri, Jeju Island cukup familiar. Tempat tersebut pernah menjadi syuting film-film seperti Boys Before Flowers, Princess Hours, Secret Garden dan Playful Kiss. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)