Strategi Propan Mewarnai Industri Cat

 

Cari Cat Cari Propan. Itulah kampanye baru cat Propan yang sejalan dengan perubahan logo setelah generasi kedua didapuk sebagai CEO perusahaan. Kampanye tersebut menyiratkan bahwa Propan memiliki banyak varian cat, tak hanya cat kayu yang menjadi penguasa pasar di industrinya.

Di saat perusahaan lain sedang tiarap karena ekonomi sedang krisis di negeri ini, PT Propan Raya ICI malah agresif mengembangkan bisnis dan menggarap pasar. Sejak 2015, perusahaan cat yang didirikan pada 1979 ini memiliki acara khsusus di televisi commercial (TVC) bertajuk The Project Home & Décor; membangun pusat workshop, pelatihan dan penjualan berkapasitas besar bernama Propan Inspiration Centre di Jakarta; dan rencananya pada 2016 ini akan membangun dua pabrik baru.

Tahun 2015 pun menjadi tahun penting bari Propan karena generasi kedua, Kris Rianto Adidarman, didapuk menjadi CEO menggantikan sang ayah, Hendra Adidarma, pendiri perusahaan dan Presiden Direktur Propan (jabatan CEO dan presdir dipisah). Hendra, doktor ahli kimia lulusan Jerman pada tahun lalu, dinobatkan sebagai Ernst & Young Entrepreneur of the Year 2015. Propan, perusahaannya, juga meraih berbagai penghargaan.

Hendra Adidarma, Pendiri Propan Hendra Adidarma, Pendiri Propan

Dengan berbagai pencapaian itu, Propan pun meluncurkan logo baru yang soft launching-nya dilakukan sejak akhir 2015 dan grand launching awal tahun ini. Pada logo baru Propan, ada tiga bundaran yang melambangkan perusahaan ini terus bergerak maju secara dinamis di atas tiga fondasi: inovasi, kualitas dan teknologi. Tiga bundaran tersebut juga dapat melambangkan kaleng cat yang terlihat dari atas, mempresentasikan fokus bisnis Propan Raya sebagai produsen cat.

Warna logo yang sebelumnya merah marun, kini berubah menjadi ungu yang memberikan nuansa dan memiliki filosofi keagungan, kesetiaan, kemewahan dan kekinian. Pergantian logo yang kelima kalinya sejak Propan berdiri ini juga melambangkan semangat baru untuk mengupayakan sebuah perubahan. “Logo baru tersebut membawa pesan New Spirit, New Inspiration, New Future,” ujar Kris menjelaskan.

Sejalan dengan hadirnya logo baru, dimunculkan juga slogan citra Cari Cat Cari Propan yang akan terus dikampanyekan. Tujuannya, mempromosikan bahwa kini varian produk Propan semakin beragam. Bukan hanya cat kayu, tetapi semua jenis cat, sepeti cat tembok eksterior dan interior, cat mobil. cat lantai, cat batu alam, cat antibocor dan cat semprot. “Sekarang kami menguasai sekitar 67% di cat kayu. Kalau cat tembok, kami masih baru karena masuk ke pasar ritel 4-5 tahun lalu dan penguasaan pasar masih di bawah 5%,” kata Adi, panggilan Hendra Adidarma. Ke depan, Propan menargetkan menjadi pemain lima besar di industri cat tembok, bersaing dengan perusahaan cat multinasional.

Produk dan Pelanggan Propan.

Pages: 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)